Awas Tertipu Pyrite, Mirip Banget Emas tapi Bukan Emas

Awas Tertipu Pyrite, Mirip Banget Emas tapi Bukan Emas

ADVERTISEMENT

Awas Tertipu Pyrite, Mirip Banget Emas tapi Bukan Emas

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 21 Nov 2022 07:15 WIB
Ilustrasi 10 Contoh Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui, Pelajari Bareng Yuk Bun
Awas Tertipu Pyrite, Mirip Banget Emas tapi Bukan Emas. Foto: Getty Images/iStockphoto/Casanowe
Jakarta -

Pernahkah kamu melihat sebuah mineral yang mirip banget emas tetapi itu bukan emas? Bisa jadi yang kamu lihat adalah pyrite. Pyrite dikenal dengan sebutan 'fool's gold' karena sering kali menipu orang yang awam sehingga muncul persepsi itu adalah emas.

Yang lebih menarik, pyrite memiliki warna yang mirip-mirip emas. Akan tetapi, sebenarnya, pyrite punya beberapa perbedaan dengan emas. Ini bedanya pyrite dengan emas sebagaimana melansir Geology.com.

@findingcrystal.id Menurut kalian aku ketemu harta karun tersembunyi, crystal, atau apa guys? 💁🏻♂️ Follow @findingcrystal.id untuk video crystal menarik lainnya 🥰 #crystal #crystalindonesia #tokocrystal #crystalshop #crystalhealing #crystallover #batucrystal #jualcrystal #naturalstone #huntingcrystal ♬ Looking Out for You - Joy Again

1. Sebagian besar spesimen pyrite yang ditemukan di alam akan memiliki setidaknya beberapa noda di permukaannya. Nugget atau serpihan emas kecil biasanya cerah dan tidak ternoda.

2. Pyrite memiliki warna kuningan. Emas memiliki warna keemasan hingga kuning. Kebanyakan emas asli adalah paduan dengan perak, dan jika kandungan perak cukup tinggi, spesimen akan memiliki warna kuning keputihan.

3. Pyrite biasanya ditemukan sebagai potongan sudut, dan banyak dari mereka menunjukkan wajah kubus, oktahedron atau pyritohedron. Sebagian besar partikel emas yang ditemukan di sungai memiliki tepi yang agak membulat. Tetapi hati-hati, beberapa spesimen emas kristal dapat menampilkan kristal yang mirip dengan pyrite.

4. Banyak kristal pyrite memiliki garis paralel halus di permukaan mereka. Kristal emas tidak memiliki lurik.

5. Emas memiliki garis kuning, pyrite memiliki garis hitam kehijauan.

6. Emas memiliki kekerasan Mohs 2,5, sedangkan pyrite memiliki kekerasan Mohs 6 hingga 6,5. Emas tidak akan menggores permukaan tembaga, tetapi pyrite akan dengan mudah menggores tembaga.

7. Partikel kecil emas dapat dipotong dengan pisau saku yang tajam. Partikel kecil pyrite tidak dapat dipotong.



Simak Video "Yakin Mau Investasi Emas Mini?"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT