Belajar Astronomi di Observatorium La La Land

Belajar Astronomi di Observatorium La La Land

ADVERTISEMENT

Laporan dari Los Angeles

Belajar Astronomi di Observatorium La La Land

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Senin, 07 Nov 2022 10:15 WIB
Observatorium Griffith di Los Angeles tempat syuting La La Land
Observatorium Griffith di Los Angeles (Foto: Fitraya Ramadhanny/detikcom)
Los Angeles -

Observatorium Griffith di Amerika Serikat, sangat terkenal di dunia. Bukan cuma tempat belajar astronomi, puluhan film Hollywood syuting di sini termasuk La La Land.

Observatorium Griffith ada di Griffith Park di Los Angeles, ini adalah kawasan perbukitan, tidak jauh dari plang tulisan Hollywood. Dari Stasiun Metro Sunset-Vermont, ada buat DASH untuk menuju ke lokasi. Ini menjadi tempat favorit bagi para penggemar astronomi.

Bagaimana tidak, masuk ke sini gratis. detikINET berkunjung ke sana beberapa waktu lalu. Bangunannya begitu ikonik karena sudah puluhan kali jadi tempat syuting film Hollywood. Langsung ingat adegan Mia dan Seb menyanyi dan menari di film La La Land.

Cukup tunjukkan sertifikat vaksin PeduliLindungi, jika kamu orang Indonesia, petugas satpam langsung mempersilakan kita masuk. Meski gratis, ruang utama yaitu Planetarium Samuel Oschinn harus bayar lagi USD 10.

Tampak ada 3 kubah jika dilihat dari depan. Kubah di tengah adalah Planetarium Samuel Oschinn memakai teknologi Zeiss Mark IX Universarium. Kubah di timur memajang teleskop Zeiss 12 inci (305 mm). Kubah di barat memakai teleskop matahari Coleostat.

Tempat ini sudah ada dari tahun 1935, artinya sudah 87 tahun. Ada banyak fitur untuk belajar sains di sini.

Observatorium Griffith di Los Angeles tempat syuting La La LandPendulum Foucault. Foto: Fitraya Ramadhanny/detikcom

Fitur yang dijumpai begitu masuk ke tempat ini adalah Pendulum Foucault. Ini adalah tiruan dari pendulum temuan fisikawan Prancis, Leon Foucault, untuk eksperimen fisika membuktikan adanya rotasi Bumi. Pendulum ini bergerak tanpa henti ditarik kutub magnet Bumi.

Melihat ke langit-langit, di atas Pendulum Foucault, ada karya seni mural karya Hugo Ballin berjudul 'Kemajuan Sains dari Zaman Dahulu Sampai Sekarang'. Mural ini bukan main indahnya.

Puas melihat eksperimen Pendulum Foucault, kita bisa lanjut menjelajah observatorium ini. Ada sayap kiri bangunan yaitu Wilder Hall of The Eye Exhibits. Ruang pamer ini memiliki Tesla Coil.

Observatorium Griffith di Los Angeles tempat syuting La La LandObservatorium Griffith di Los Angeles tempat syuting La La Land. Foto: Fitraya Ramadhanny/detikcom

Tesla Coil adalah oscilator frekuensi radio temuan ilmuwan legendaris Nikola Tesla. Yang ada di sini adalah tiruannya. Tesla Coil adalah alat eksperimen fisika untuk menghasilkan listrik jutaan Volt yang setara petir. Sayang, saat itu Tesla Coil sedang tidak digunakan.

Di sayap kanan ada Ahmanson Hall of The Sky Exhibits. Di sini kita bisa belajar dengan tata surya. Siklus matahari, bulan dan planet-planet lainnya lewat display yang menarik.

Obervatorium ini jelas merupakan tempat yang memanjakan penggemar ilmu alam. Jangan lewatkan jika ada waktu ke Los Angeles.



Simak Video "Alasan Saham Tesla Anjlok dan Kehilangan Rp 3,1 Triliun"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT