Kisah Gunung Sinabung Tertidur 400 Tahun, Kemudian Mengamuk

Kisah Gunung Sinabung Tertidur 400 Tahun, Kemudian Mengamuk

ADVERTISEMENT

Eureka!

Kisah Gunung Sinabung Tertidur 400 Tahun, Kemudian Mengamuk

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 21 Okt 2022 11:44 WIB
Gunung Sinabung menyemburkan material vulkanik saat erupsi di Desa Kuta Rakyat, Naman Teran, Karo, Sumatera Utara, Selasa (2/3/2021). Gunung Sinabung erupsi dengan tinggi kolom 5.000 meter di atas puncak. ANTARA FOTO/Sastrawan Ginting/Lmo/foc.
Erupsi Gunung Sinabung setelah dorman 400 tahun (Foto: ANTARA FOTO/Sastrawan Ginting)
Jakarta -

Gunung yang tertidur ternyata bisa bangun lagi sekali waktu. Contohnya adalah Gunung Sinabung yang sempat tidak aktif selama 400 tahun, tetapi kemudian mengalami erupsi yang dahsyat. Hal ini dijelaskan oleh Pakar Vulkanologi ITB Mirzam Abdurachman.

"Salah satu contohnya Sinabung, setelah 400 tahun tidur panjang kemudian bangun kenapa bisa erupsi? Di situlah bidang lemahnya, sehingga magmanya bisa keluar," kata Mirzam dalam 'Eureka! Edisi 10: Rahasia Gunung Api', Senin (17/10/2022).

"Kalau di Tangkuban Perahu, di kampus ITB persis di tengah-tengahnya bisa melihat bentukan perahu yang terbalik. Itu karena pusat erupsinya berjejer, berubah saja dari barat ke timur. Dia geser ke arah timur sehingga seolah-olah jadi perahu yang terbalik. Ketika kemudian magma itu mencari celah dan celah termudahnya adalah dari gunung yang lagi dorman, maka dia kembali hidup contohnya adalah Sinabung," sambungnya.

Lebih lanjut, banyak gunung berapi di Indonesia yang berbagi dapur magma. Ia berbagi contoh yakni Merapi dan Merbabu. Merapi adalah gunung yang aktif sementara Merbabu sebaliknya. Akan tetapi, Merapi mengalami sumbatan, erupsi bisa berpindah ke gunung yang berbagi dapur magma dengannya, yakni Merbabu.

"Dan ternyata jika rekahan paling lemah adalah di Merbabu, maka Merbabu harus siap-siap," tuturnya.

Dengan begitu, gunung yang tertidur atau dorman bisa saja bangun kembali, salah satu skenarionya karena adanya gunung lainnya yang berbagi dapur magma dengan gunung tersebut lagi aktif-aktifnya. Hmm, anak gunung wajib tahu sih soal info ini.



Simak Video "Gunung Mauna Loa Erupsi, AS Terbitkan Kode Merah Peringatan Penerbangan"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT