Viral Hiu Mirip Venom Sungguhan Ada

Viral Hiu Mirip Venom Sungguhan Ada

ADVERTISEMENT

Viral Hiu Mirip Venom Sungguhan Ada

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 20 Okt 2022 07:16 WIB
Hiu venom
Viral Hiu Mirip Venom Sungguhan Ada. Foto: IFL Science
Jakarta -

Dengan tampang mirip Venom di film Spiderman, makhluk dari laut dalam yang tak biasa ini muncul lagi di Twitter setelah momen viralnya di tahun 2018. Yang jelas, hiu ini bukan lelucon atau hoax melainkan spesies nyata.

Viper dogfish, demikian sebutan hewan itu, punya nama ilmiah Trigonognathus kabeyai. Fauna ini adalah hiu laut dalam langka yang ditemukan di Samudra Pasifik Utara Barat Jepang, Taiwan, dan Hawaii.

Pertama kali ditemukan di lepas pantai Jepang pada tahun 1986 oleh kapal pukat Seiryo-Maryu, hiu ini diberi nama sesuai nama kapten kapal yang pertama kali menemukannya, Hiromichi Kabeya.

Kata pertama dari penamaannya berasal dari bahasa Yunani "trigon" dan "gnathus" yang berarti rahang segitiga. Hanya beberapa spesimen yang berhasil ditangkap, dengan betina terbesar berukuran lebih dari 53 cm.

Hewan ini sangat langka sehingga hanya sedikit informasi yang diketahui tentang umur atau perilaku mereka, namun, para peneliti berpikir spesies ini berasal dari sekitar 42 juta tahun yang lalu.


Viper dogfish berwarna hitam legam kecuali sirip kecilnya. Hiu ini memiliki sel penghasil cahaya yang disebut fotofor di bagian bawah dan di bawah kepala mereka, yang berarti mereka bersinar dalam gelap.

Mereka hidup di kedalaman sekitar 270 hingga 360 meter, dan punya kebiasaan bergerak dari tengah laut di siang hari ke kedalaman yang lebih dangkal di malam hari.

Fitur yang paling menarik dari spesies ini jelas adalah rahangnya, yang ketika dilepaskan akan memanjang ke atas dan ke luar. Untuk menangkap mangsanya, mereka menjulurkan giginya yang menganga, menjulurkan rahang atas dari neurocranium dengan cara yang mirip dengan hiu goblin.

Hal ini memungkinkan mereka untuk memakan spesies mangsa dari semua ukuran. Penelitian tentang isi perut viper dogfish menunjukkan bahwa mereka memakan ikan bertulang, kemungkinan menelan mangsanya secara utuh.

Di sisi lain, diperkirakan predator utama mereka adalah tuna mata besar (Thunnus obesus) dan bawal sabit (Taractichthys steindachneri) karena spesimen viper dogfish telah ditemukan dari perut spesies ini.

[Gambas:Youtube]



(rns/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT