10 Sungai Terpanjang di Dunia dan Keunikannya

10 Sungai Terpanjang di Dunia dan Keunikannya

ADVERTISEMENT

10 Sungai Terpanjang di Dunia dan Keunikannya

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 18 Okt 2022 15:15 WIB
River Nile and ship at sunset in Aswan
Simak penjabaran 10 sungai terpanjang di dunia di sini (Foto: Getty Images/iStockphoto/Givaga)
Jakarta -

Sungai adalah air yang mengalir dan bermuara ke lautan, danau atau sungai lainnya. Biasanya, air sungai adalah air tawar. Dari sungai, peradaban manusia mulai berkembang, itulah mengapa biasanya pemukiman berawal dari pinggiran sungai.

Tapi tahukah kamu apa sungai terpanjang di dunia dan sungai mana saja yang masuk kategori tersebut? Simak penjabaran 10 sungai terpanjang di dunia di sini sebagaimana melansir Current Affairs, Selasa (18/10/2022).

1. Sungai Nil

Sungai Nil adalah yang terpanjang di dunia dengan bentangan sekitar 6.650 km. Diperkirakan, sumber sungai ini adalah Danau Victoria. Menariknya ada banyak negara yang dilewati Sungai Nil yaitu Mesir, Uganda, Ethiopia, Kenya, Tanzania, Rwanda, Republik Kongo, Eritrea, Burundi, Sudan dan Sudan Selatan.

2. Sungai Amazon

Sungai Amazon termasuk sungai dengan volume air yang besar. Panjangnya Sungai Amazon adalah 6.575 km. Akan tetapi, posisi sungai terpanjang ke-2 di dunia yang diraih Sungai Amazon ternyata sering menjadi perdebatan. Menurut studi yang dipublikasikan pada 2014, Cordillera Rumi Cruz adalah permulaan Amazon.

3. Sungai Yangtze

Sepertiga dari populasi negara terpadat di China ternyata tinggal di lembah Sungai Yangtze. Sungai Yangtze memiliki panjang 6.300 km, bermuara di Laut China Timur di Shanghai.

4. Sungai Mississippi

Sungai Mississippi, Missouri, dan Jefferson membentuk sistem sungai terpanjang keempat di dunia. Sistem sungai ini mengalir di 31 negara bagian di Amerika Serikat dan dua provinsi di Kanada. Sungai Mississippi berasal dari Minnesota utara, di mana Danau Itasca dianggap sebagai sumbernya. Sungai ini kemudian mengalir ke Teluk Meksiko.

5. Sungai Yenisei

Sungai Yenisei adalah sungai terpanjang ke-5 di dunia, dan yang terbesar bermuara di Samudra Arktik. Sungai Selenge dianggap sebagai hulu dari sungai ini. Total panjang Sungai Yenisei yakni 5.539 km.

6. Sungai Kuning

Sungai Kuning atau Huang He merupakan sungai dari China yang kembali masuk 10 besar sungai terpanjang di dunia. Panjang Sungai Kuning mencapai 5.464 km.

7. Sungai Ob-Irtysh

Sungai Ob-Irtysh atau singkatnya Sungai Ob adalah satu dari sungai utama Siberia. Ini mengalir ke Laut Arktik dan memiliki panjang 5.410 km.

8. Sungai Parana

Berada di Amerika Selatan, Sungai Parana adalah sungai di kedua terbesar di Benua Amerika. Sungai Parana mempunyai panjang 4.880 km, namanya diambil dari frasa Tupi 'para rehe onĂ¡va' yang berarti 'seperti laut'.

9. Sungai Kongo

Sungai Kongo sebelumnya dikenal dengan nama Sungai Zaire. Berada di Afrika, sungai ini adalah sungai satu-satunya yang melewati ekuator sebanyak dua kali. Sungai ini juga sungai terdalam di dunia dengan kedalaman lebih dari 700 kaki atau sekitar 213 m. Sedangkan panjangnya adalah 4.700 km.

10. Sungai Amur

Dikenal juga dengan nama Heilong Jiang (artinya 'sungai naga hitam'), Sungai Amur adalah sungai terpanjang di dunia ke-10. Sementara Amur, bila diterjemahkan adalah 'air'. Panjang sungai ini yakni 4.480 km.



Simak Video "Etiopia Bikin Bendungan Raksasa di Sungai Nil, Mesir-Sudan Lapor PBB"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT