Mirip Drakula, 8 Hewan Ini Haus Darah

Mirip Drakula, 8 Hewan Ini Haus Darah

ADVERTISEMENT

Mirip Drakula, 8 Hewan Ini Haus Darah

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 11 Okt 2022 17:35 WIB
Ikan Vampir Sea Lamprey penghisap darah ikan lain
Mirip Drakula, 8 Hewan Ini Haus Darah (Foto: Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Sejumlah hewan punya kebiasaan aneh bahkan menyeramkan, misalnya menghisap darah. Seperti drakula, mereka mendapatkan nutrisi dan makanan mereka dari mengisap darah makhluk lain.

Beberapa hewan ini ada yang hidup di darat maupun di air. Berikut ini 8 hewan yang haus darah seperti drakula, dikutip dari Britannica, Selasa (11/10/2022).

Nyamuk

Serangga yang satu ini sudah terlalu akrab bagi kebanyakan manusia. Namun perlu diketahui, hanya nyamuk betina yang meminum darah manusia. Kebiasaan ini dibutuhkan untuk membuat telur.

Meskipun nyamuk biasanya 'hanya' meninggalkan bentol gatal di kulit sebagai reaksi dari air liurnya, beberapa orang yang tidak daya tahan tubuhnya sedang lemah bisa terkena penyakit serius karena nyamuk dapat menularkan sejumlah penyakit, termasuk demam kuning, malaria, filariasis, dan demam berdarah. Itulah sebabnya nyamuk dianggap sebagai salah satu hewan paling mematikan di dunia.

Kutu

Kutu sering dianggap remeh dan jinak, tapi sebenarnya tak kalah mematikan dari nyamuk. Hewan ini diyakini membantu menyebabkan wabah pes yang menewaskan seperempat populasi Eropa selama Abad Pertengahan.

Ketika tikus yang terinfeksi virus mati, kutu beralih ke manusia untuk mendapatkan darah, sehingga menularkan penyakit. Peristiwa kelam ini tercatat dalam sejarah sebagai wabah Black Death yang mematikan.

Kepinding

Kepinding adalah sejenis kutu dan sering juga disebut kutu busuk. Serangga kecil ini berdiam di kasur dan mencari makan di malam hari, saat korbannya tidur.

Gigitannya saat menghisap darah tidak menimbulkan rasa sakit karena kandungan zat anestesi pada liurnya. Namun kemudian gigitannya sering menjadi bilur yang gatal. Kutu busuk tidak menularkan penyakit, namun sayangnya mereka sulit dihilangkan.

Oxpecker

Oxpecker adalah jenis burung yang perilakunya menyerupai burung jalak, yakni akan hinggap di atas tubuh mamalia besar seperti kerbau.

Kebiasaan itu dilakukannya untuk mencari makanan berupa parasit yang menempel pada tubuh mamalia tersebut. Tapi ada hal lain yang paling digemarinya, yaitu darah. Burung ini akan mencari luka di tubuh hewan yang dihinggapinya, setelah itu akan dipatuk sampai mengeluarkan darah lalu dihisapnya.

Selanjutnya: Lintah hingga Kelelawar Vampir >>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT