Penampakan Hiu Mulut Raksasa yang Misterius

ADVERTISEMENT

Penampakan Hiu Mulut Raksasa yang Misterius

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 21 Sep 2022 06:14 WIB
Ikan hiu megamouth
Penampakan ikan hiu megamouth. Foto: YouTube
Jakarta -

Jenis hiu yang satu ini sangat langka dan juga misterius karena belum banyak yang diketahui tentangnya. Maka ketika pemancing di San Diego berhasil merekam penampakannya, langsung menjadi berita besar.

Namanya hiu megamouth. Sesuai namanya, mulut ikan yang satu ini sangat besar. David Stabile dan temannya sedang memancing ketika mendadak melihat hewan itu berenang.

"Minggu ini, aku dan temanku memancing di dekat pantai San Diego dan merekam video dua hiu yang paling sukar ditemui di planet ini," tulis Stabile di Twitter sambil memperlihatkan videonya.

Tampak dua hiu megamouth berenang pelan. Seekor lebih dekat ke permukaan, sedangkan satunya lagi di bawahnya. Megamouth, dengan nama ilmiah megachasma pelagios, adalah spesies hiu di laut dalam yang ditemukan tahun 1976 dan jarang bisa diobservasi oleh manusia.

"Mungkin kedua hiu itu adalah pasangan. Satu ekor tampaknya jantan dan satunya betina," kata Alison Schulman-Janiger, pakar dari Natural History Museum of Los Angeles County.

Ikan hiu megamouthIkan hiu megamouth sebagai peraga sains. Foto: AFP via Getty Images/TORU YAMANAKA

Hiu ini dapat tumbuh sampai hampir 6 meter. Adapun habitatnya berada di kedalaman 900 sampai 4.500 meter. Hiu megamouth tertangkap pertama kali pada tahun 1976 di dekat Hawaii saat ia terjebak jangkar kapal.

Adapun di San Diego, sebelumnya sudah terjadi dua kali penampakan ikan ini. "Beberapa berspekulasi bahwa California selatan adalah area mereka berkembang biak. Mereka banyak menghabiskan waktu di kedalaman laut, jauh dari pantai," tambaj Alison.

Hiu megamouth ini juga pernah terlihat di Taiwan, Filipina dan Afrika Selatan. "Masih banyak yang belum diketahui dari mereka karena kita sangat jarang melihatnya," pungkas Alison.



Simak Video "Geger Ikan Berkepala Satu-Badan Dua di Bandung, Ini Wujudnya"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT