Geger Pemancing Dapat Ikan Lele Misterius Warna Putih

ADVERTISEMENT

Geger Pemancing Dapat Ikan Lele Misterius Warna Putih

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 06 Jul 2022 12:40 WIB
Lele warna putih
Lele langka warna putih. Foto: Newsweek
Jakarta -

Ikan lele umumnya berwarna hitam atau abu-abu. Tapi lele yang satu ini warnanya putih nyaris seluruhnya sehingga membuat pemancing yang mendapatkannya heboh. Ikan lele apa itu sebenarnya?

Seperti dikutip detikINET dari Newsweek, awalnya seorang pemancing remaja bernama Edwards Tarumianz yang berusia 15 tahun, ikut memburu ikan di sungai Tennessee, Amerika Serikat. Dia menumpang kapal dan mulai memancing.

Nah, mendadak ia mendapat ikan berwujud aneh. Ketika diamati, ikan yang cukup besar itu adalah lele, tapi warnanya putih hampir seluruhnya, kecuali bagian sirip yang cenderung pink.

Lele itu ternyata spesies Ictalurus furcatus, umum disebut lele biru. Spesies lele terbesar di Amerika Utara itu biasanya warnanya biru keabu-abuan, tidak putih seperti yang ditangkap oleh Edwards.

"Kami kaget ketika melihatnya. Aku tahu bahwa ikan ini luar biasa langka. Banyak pemancing tidak pernah melihatnya seumur hidup mereka. Aku sendiri sudah 67 tahun dan memperoleh ribuan lele tapi ini pertama kali aku melihat lele semacam ini," kata pemancing Richard Simms.

Bahkan ia menilai, jika saja mereka tidak menjepretnya, orang tidak bakal percaya bahwa mereka telah menangkap ikan lele warna putih. Lele itu kemudian dilepaskan lagi ke sungai.

Mengenai alasan mengapa lele itu bisa berwarna putih, kemungkinan ia punya kondisi tertentu sehingga warna kulitnya pucat. Penyebabnya adalah mutasi genetik yang membatasi produksi melanin.

Ada pula kemungkinan lele putih ini adalah albino, kondisi genetik yang disebabkan oleh absennya melanin. Binatang dengan kondisi albino cenderung putih kulitnya, bulu dan mata pink di beberapa kasus.



Simak Video "Sandiaga Panen 337 kg Lele Bareng Warga di Jaksel"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT