Selain Berlian Kohinoor, Inggris Dianggap Rampas 4 Pusaka Ini

ADVERTISEMENT

Selain Berlian Kohinoor, Inggris Dianggap Rampas 4 Pusaka Ini

Rachmatunnisa - detikInet
Rabu, 14 Sep 2022 20:15 WIB
Mahkota Ibunda Ratu Elizabeth II dengan berlian Kohinoor yang terkenal, difoto pada 19 April 1994.
Mahkota Ratu Elizabeth II dengan berlian Kohinoor, difoto pada 19 April 1994. Foto: Time
Jakarta -

Ketika kabar kematian Ratu Elizabeth II menjadi berita utama di dunia, kata Kohinoor menjadi trending topic Twitter di India. Rakyat India meminta berlian Kohinoor dikembalikan.

Berlian yang kini terpasang di mahkota Ratu Elizabeth II itu punya sejarah kepemilikan yang kontroversial. Rakyat India percaya berlian tersebut ditemukan di tanah mereka dan diserahkan secara paksa pada Kerajaan Inggris di tahun 840-an.

Ada hal lain yang menjadi sorotan di tengah kabar ini, yakni sejarah bagaimana Inggris memiliki banyak barang dan pusaka yang diambil atau dijarah dari negara lain selama masa pemerintahan kolonial mereka.

Berikut adalah daftar sejumlah benda yang diklaim sejumlah negara seharusnya milik mereka, namun dirampas oleh Kerajaan Inggris, dikutip dari NDTV.

1. Great Star of Africa

Di antara banyak harta berharga Ratu, berlian Great Star of Africa dianggap yang menonjol. Ini adalah berlian terbesar di dunia dan beratnya sekitar 530 karat.

Great Star of Africa diperkirakan bernilai sekitar USD 400 juta. Berlian ini ditambang di Afrika Selatan pada tahun 1905. Menurut banyak sejarawan dari Afrika, permata itu ditambang pada tahun 1905 dan dihadiahkan kepada Edward VII dan mereka mengklaim bahwa berlian itu dijarah oleh pemerintah Inggris selama masa pemerintahan mereka sebagai penjajah. Great Star of Africa saat ini terpasang di tongkat Ratu Elizabeth II.

2. Tipu Sultan Ring

Tipu Sultan Ring adalah cincin keramat yang diduga diambil oleh orang Inggris dari tubuhnya pada tahun 1799 setelah dia kalah dalam pertempuran. Menurut banyak laporan media, cincin itu dijual di sebuah lelang di Inggris kepada penawar tak dikenal dengan harga fantastis.

3. Rosetta Stone

Di tengah seruan untuk membawa berlian Kohinoor kembali ke India, para aktivis dan arkeolog Mesir ingin membawa Rosetta Stone kembali ke Tanah Air mereka, Mesir. Batu istimewa itu saat ini dipajang di British Museum.

Menurut banyak surat kabar lokal, para arkeolog mengklaim bahwa mereka dapat membuktikan bahwa Rosetta Stone "dicuri" oleh Inggris. Rosetta Stone berasal dari tahun 196 SM dan menurut sejarawan, batu yang terkenal itu diperoleh oleh Inggris setelah mereka memenangkan pertempuran melawan Prancis pada tahun 1800-an.

4. Elgin Marbles

Menurut banyak laporan media dan arsip History, pada tahun 1803, Lord Elgin diduga memindahkan Elgin Marbles dari dinding Parthenon yang membusuk di Yunani dan membawanya ke London. Ini juga alasan mengapa benda itu disebut Elgin Marbles.

Sejak 1925, Yunani sudah berulang kali meminta kepemilikan benda yang tak ternilai harganya itu, namun Elgin Marbles tetap ada di British Museum.



Simak Video "Antrean Membeludak Warga yang Ingin Melayat Ratu Elizabeth II"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT