Berlian Kohinoor Jatuh ke Camilla Setelah Ratu Elizabeth II Mangkat

ADVERTISEMENT

Berlian Kohinoor Jatuh ke Camilla Setelah Ratu Elizabeth II Mangkat

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 13 Sep 2022 16:16 WIB
LONDON, ENGLAND - SEPTEMBER 10: Camilla, Queen Consort meets well-wishers as she returns to Clarence House from Buckingham Palace along the Mall during a impromptu walkabout following the death of Queen Elizabeth II on September 10, 2022 in London, United Kingdom. His Majesty The King is proclaimed at the Accession Council in the State Apartments of St Jamess Palace, London. The Accession Council, attended by Privy Councillors, is divided into two parts. In part I, the Privy Council, without The King present, proclaims the Sovereign and part II where The King holds the first meeting of His Majestys Privy Council. The Accession Council is followed by the first public reading of the Principal Proclamation read from the balcony overlooking Friary Court at St Jamess Palace. The Proclamation is read by the Garter King of Arms, accompanied by the Earl Marshal, other Officers of Arms and the Serjeants-at-Arms. (Photo by Victoria Jones - WPA Pool/Getty Images)
Permaisuri Camilla, istri Raja Charles III. Foto: Getty Images/WPA Pool
Jakarta -

Pemerintahan Ratu Elizabeth II selama tujuh dekade berakhir setelah Sang Ratu mangkat. Kini, mahkota bertatahkan berlian Kohinoor yang berharga akan diteruskan ke pewaris berikutnya.

Kepemilikan Kerajaan Inggris atas berlian Kohinoor diwarnai kontroversi. Sejumlah negara mengklaim berlian itu adalah harta mereka. India yang paling bersuara lantang meminta berlian Kohinoor dikembalikan. Dikutip dari Mint, Selasa (13/9/2022) rakyat India meyakini berlian itu ditemukan di tanah mereka dan secara paksa diserahkan ke Inggris pada akhir 1840-an.

Berlian Kohinoor saat ini berada di mahkota platinum yang dikenakan oleh Ratu Elizabeth II selama pemerintahannya sebagai Ratu Inggris. Bulan Februari tahun ini, Sang Ratu mengumumkan bahwa Camilla Parker Bowles, istri dari Pangeran Charles, akan menjadi Permaisuri ketika Charles mengambil alih kendali monarki.

Dengan meninggalnya Ratu Elizabeth II, mahkota bertatahkan Kohinoor diberikan kepada raja berikutnya, Pangeran Charles yang kini menjadi Raja Charles III.

Namun, mengikuti sejarah Kohinoor, berlian akan dipakai oleh Ratu berikutnya, yang dalam hal ini adalah Camilla Parker Bowles, Sang Permaisuri.

Kohinoor sering disebut sebagai berlian paling berharga di dunia dan memiliki berat sekitar 105,6 karat. Berlian itu ditemukan di India pada abad ke-14, di Guntur, Andhra Pradesh pada masa pemerintahan Dinasti Kaaktiya.

Berlian itu digunakan sebagai salah satu mata dewa di sebuah kuil Hindu di Warangal setelah Malik Kafoor (Jenderal Alauddin Khilji) menjarahnya. Setelah diteruskan ke banyak penguasa Kekaisaran Mughal, Sikh Maharaja Ranjit Singh memilikinya di Lahore, tempat ia datang ke Punjab.

Mahkota Ibunda Ratu Elizabeth II dengan berlian Kohinoor yang terkenal, difoto pada 19 April 1994.Mahkota Ratu Elizabeth II dengan berlian Kohinoor yang terkenal, difoto pada 19 April 1994. Foto: Time

Selanjutnya, berlian Kohinoor diberikan kepada Ratu Victoria pada tahun 1849 setelah pencaplokan Punjab selama pemerintahan putra Maharaja Ranjit Singh, Dileep Singh.

Mengingat sejarahnya tersebut, India mendesak Kerajaan Inggris mengembalikannya. Kata 'Kohinoor' bahkan menjadi trending topic Twitter India, tak lama setelah Kerajaan Inggris mengumumkan Ratu Elizabeth II meninggal dunia.

Tuntutan untuk mengembalikan berlian pun bukan pertama kalinya digaungkan. Setelah India merdeka tahun 1947, pemerintah India perah meminta kembali berlian tersebut.

India juga pernah membuat tuntutan lain di tahun penobatan Ratu Elizabeth II, namun tuntutan-tuntutan ini tidak didengar. Inggris berargumen bahwa tidak ada dasar hukum untuk pengembalian berlian Kohinoor ke India.

Lihat juga video 'Momen Warga Skotlandia Lihat Langsung Peti Jenazah Ratu Elizabeth II':

[Gambas:Video 20detik]



(rns/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT