Temuan Lubang Misterius di Dasar Laut Bikin Ilmuwan Bingung

Temuan Lubang Misterius di Dasar Laut Bikin Ilmuwan Bingung

ADVERTISEMENT

Temuan Lubang Misterius di Dasar Laut Bikin Ilmuwan Bingung

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 07 Sep 2022 10:15 WIB
Lubang misterius di dasar laut
Foto: NOAA
Jakarta -

Masih banyak misteri di kedalaman lautan yang belum terungkap saking luas areanya. Misalnya saja baru-baru ini, ilmuwan kebingungan lantaran menemukan lubang-lubang misterius di dasar Laut Atlantik.

Pada akhir Juli silam, di dasar laut area Portugal, ilmuwan di National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) Amerika Serikat, menemukan selusin lubang kecil di pasir, di kedalaman sekitar 3 kilometer. Dua minggu kemudian di jarak sekitar 480 kilometer dari lokasi itu, dijumpai lubang yang mirip.

Seperti dikutip detikINET dari United Press International, NOAA, para ilmuwan ini tengah menggelar ekspedisi penelitian dalam laut dengan kapal riset yang bernama Okeanos Explorer. Penemuan lubang itu tidak disengaja.

"Asal muasal dari lubang itu membuat para ilmuwan kebingungan. Lubang itu seperti dibuat oleh manusia, namun adanya sedimen di sekitarnya menandakan lubang itu digali oleh sesuatu," sebut NOAA di Twitter.

"Ada hal penting yang terjadi di situ dan kami masih tak tahu apa itu. Hal ini menggarisbawahi bahwa masih ada misteri-misteri yang tak terpecahkan di luar sana," cetus Michael Vecchione selaku peneliti biologi dalam laut di NOAA.

Lubang misterius di dasar lautLubang misterius di dasar laut. Foto: NOAA

Berbagai hipotesis pun muncul mengenai asal muasal lubang tersebut. Mungkin juga hewan tertentu adalah pelaku penggalian walaupun lubang itu cukup rapi kondisinya dan seperti dibuat oleh manusia.

Tentu saja tak sedikit teori liar yang diutarakan oleh sebagian netizen, misalnya bahwa deretan lubang misterius itu adalah ulah dari makhluk luar angkasa atau alien. Sejauh ini, belum ada penjelasan solid mengenai lubang misterius tersebut dan masih akan terus diselidiki.



Simak Video "Kisah Ilmuwan yang Celaka Karena Temuannya Sendiri "
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT