Fosil Hewan Misterius yang Hidup Sebelum Dinosaurus Ditemukan

Fosil Hewan Misterius yang Hidup Sebelum Dinosaurus Ditemukan

ADVERTISEMENT

Fosil Hewan Misterius yang Hidup Sebelum Dinosaurus Ditemukan

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 06 Sep 2022 09:12 WIB
Fosil misterius
Fosil hewan misterius ditemukan. Foto: Daily Mail
Jakarta -

Seorang guru di Kanada secara tidak sengaja menemukan fosil hewan aneh. Ilmuwan belum dapat menentukan jenis binatang ini, yang diperkirakan hidup sebelum era dinosaurus jutaan tahun silam.

Guru bernama Lisa itu sedang berjalan santai bersama anjingnya di pulau Prince Edward, Kanada. Seperti dikutip detikINET dari Daily Mail, ia mendadak menemukan benda mencurigakan yang setelah dilihat lebih seksama, ternyata adalah tulang iga dan tengkorak makhluk misterius.

John Calder, pakar geologi dan paleontologi Kanada menyatakan, fosil itu belum bisa teridentifikasi. Namun usianya diperkirakan 300 juta tahun atau 50 juta tahun lebih awal dari masa dinosaurus berkembang di Bumi. Kemungkinan jenisnya adalah kadal atau semacamnya.

Dinosaurus sendiri hidup mulai sekitar 245 juta tahun yang lalu, kemudian punah pada 66 juta tahun silam akibat hujaman dahsyat asteroid.

"Penemuan seperti ini kemungkinan terjadi 50 sampai 100 juta tahun sekali dan bisa saja merupakan fosil istimewa di pohon kehidupan evolusi amfibi menjadi reptil dan menjadi mamalia," kata dia.

Hewan yang hidup sebelum masa dinosaurus misalnya adalah hiu, ikan, amfibi dan reptil. Adapun fosil yang diitemukan ini cukup bagus kondisinya sehingga ilmuwan bisa memperkirakan berapa usianya.

"Ini adalah evolusi awal reptil dari amfibi, dan kemudian bercabang. Jadi masih merupakan teka-teki yang nyata. Mungkin butuh beberapa tahun untuk mengidentifikasi makhluk ini apa," tambah John.

Sangat sedikit fosil dari era sebelum dinosaurus ditemukan. Maka bisa jadi fosil ini adalah hewan yang belum pernah teridentifikasi dan menjadi sumbangan berharga bagi ilmu pengetahuan mengenai sejarah Bumi.

[Gambas:Youtube]



(fyk/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT