Nikola Tesla Vs Thomas Alfa Edison, Kamu Kubu Siapa?

Nikola Tesla Vs Thomas Alfa Edison, Kamu Kubu Siapa?

ADVERTISEMENT

Nikola Tesla Vs Thomas Alfa Edison, Kamu Kubu Siapa?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 05 Sep 2022 15:45 WIB
Nikola Tesla vs Thomas Alfa Edison
Nikola Tesla vs Thomas Alfa Edison, Siapa yang Terbaik Menurut Kamu? Foto: Live Science
Jakarta -

Ilmuwan Nikola Tesla dan Thomas Alfa Edison termasuk tokoh ternama di sepanjang catatan sejarah. Keduanya sama-sama memiliki temuan yang mengubah dunia dan juga punya kharisma masing-masing.

Bahkan, ketika keduanya disandangkan, banyak yang mengaku tidak bisa memilih mana yang terbaik di antara Edison dan Tesla.

"Mereka penemu yang berbeda, kamu tidak bisa benar-benar mengatakan yang satu lebih baik dari lainnya, karena masyarakat Amerika membutuhkan 'beberapa' Edison dan perlu 'beberapa' Tesla," kata W. Bernard Carlson, penulis 'Tesla: Inventor of the Electrical Age'.

Dirangkum detikINET dari Live Science, Senin (5/9/2022) berikut ini perbandingan antara Thomas Alfa Edison vs Nikola Tesla.

1. Daya imajinasi yang luar biasa

Tesla dikenal memiliki memori eidetik, itu berarti dia bisa mengingat gambar dan objek dengan sangat tepat. Ini memungkinkannya untuk secara akurat memvisualisasikan objek 3D yang rumit. Sebagai hasilnya, dia dapat membuat prototipe yang langsung berfungsi hanya menggunakan beberapa gambar awal.

"Dia benar-benar menemukan penemuannya dalam imajinasinya," kata Carlson.

Sebaliknya, Edison lebih kepada seorang pembuat sketsa. Jika kamu pergi ke laboratorium dan mengawasinya di tempat kerja, jangan kaget jika kamu akan menemukan banyak hal di atas meja seperti kabel dan gulungan dan berbagai bagian lainnya.

2. Cara pikir keduanya

Bola lampu, fonograf, dan gambar bergerak disebut-sebut sebagai penemuan terpenting Edison. Namun, orang lain sudah mengerjakan teknologi serupa, kata Leonard DeGraaf, seorang archivist di Thomas Edison National Historical Park, New Jersey, dan penulis 'Edison and the Rise of Innovation'.

Tapi bukan berarti apa yang dilakukan Edison tidak ada artinya. Ia cenderung menjadi 'orang pertama' yang menemukan berbagai macam hal.

Berbeda dengan Thomas Alva Edison, Tesla lebih sering berkutat pada teknologi yang tidak memenuhi permintaan pasar. Tetapi karyanya kemudian menjadi hal-hal yang luar biasa hebat, misalnya rancangan sistem untuk mengirimkan suara, gambar, dan gambar bergerak secara nirkabel atau PLTA di Niagara.

3. Paten terbanyak

Untuk hal paten, Edison ada jauh di atas Tesla. Edison memegang 1.093 paten menurut Thomas Edison National Historic Park dan Tesla mengumpulkan kurang dari 300 di seluruh dunia, berdasarkan penelitian yang diterbitkan tahun 2006 di 6th International Symposium of Nikola Tesla.

Yang berbeda di antara keduanya, Edison lebih telaten untuk meneruskan banyak hal untuk dikembangkan lebih lanjut oleh para pekerja atau asistennya. Sementara temuan Tesla beberapa ada yang hilang dan tak tercatat sejarah.

4. Selera fashion

Tesla bisa dibilang menang dari segi fashion jika disandingkan dengan Edison. Edison terkenal dengan pakaiannya yang santai dan kebiasaannya memakai sepatu berukuran dua ukuran lebih besar dari seharusnya.

Sejujurnya, dari perbandingan di atas, semuanya tidak cukup untuk menilai keduanya. Keduanya merupakan dua ilmuwan hebat yang masing-masing telah membubuhkan prestasi tersendiri. Kalau menurut kamu, mana yang paling bisa disebut sebagai penemu terbaik sepanjang masa, detikers?



Simak Video "Kisah Ilmuwan yang Celaka Karena Temuannya Sendiri "
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT