Terlihat Titik Terang Misterius di Bumi dari Luar Angkasa, Apa Itu?

ADVERTISEMENT

Terlihat Titik Terang Misterius di Bumi dari Luar Angkasa, Apa Itu?

Rachmatunnisa - detikInet
Senin, 05 Sep 2022 05:45 WIB
Titik misterius
Terlihat Titik Terang Misterius di Bumi dari Luar Angkasa, Apa Itu? Foto: Samantha Cristoforetti/ESA
Jakarta -

Mengorbit sekitar 420 kilometer di atas atmosfer Bumi, para astronaut Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) disuguhi pemandangan menakjubkan Bumi yang tiada tandingannya. Ada sebuah titik terang misterius terlihat dari luar angkasa. Apa itu?

Astronaut Badan Antariksa Eropa (ESA) Samantha Cristoforetti, melalui akun Twitter miliknya membagikan foto pemandangan menarik yang memperlihatkan sebuah titik bersinar terang di gurun Negev, Israel selatan.

Ia bercerita, malam hari menciptakan pemandangan lampu berkelap-kelip di Bumi yang tampak cantik dari ISS. Namun di siang hari biasanya tidak ada pemandangan seperti itu.

"Pemandangan yang menarik! Titik terang di gurun Negev sangat tidak biasa, melihat lampu buatan manusia di siang hari," cuit Cristoforetti.


Jadi apa sebenarnya yang dia lihat? Menurut Cristoforetti, bintik putih yang muncul di gurun coklat itu adalah pembangkit listrik tenaga surya terkonsentrasi, salah satu teknologi untuk mendapatkan energi terbarukan dari Matahari. Pembangkit listrik ini memiliki menara tenaga surya tertinggi di dunia.

Dikutip dari IFL Science, pembangkit listrik tenaga surya Ashalim di gurun Israel memang merupakan salah satu menara tenaga surya tertinggi di dunia dengan tinggi sekitar 250 meter.

Menara ini dikelilingi "lautan" 50 ribu cermin yang memusatkan sinar mMatahari ke menara. Dibutuhkan sejumlah besar cermin reflektif untuk menangkap cahaya yang cukup untuk dilihat dari ISS di siang hari.

Sebaliknya juga, dibutuhkan keadaan tertentu bagi orang-orang di Bumi untuk dapat melihat para astronaut melakukan pekerjaan mereka di ISS.



Simak Video "Sederet Fenomena Langit yang Akan Terjadi di September 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT