Teleskop James Webb Mungkin Temukan Tanda Kehidupan di Planet Lain

Teleskop James Webb Mungkin Temukan Tanda Kehidupan di Planet Lain

ADVERTISEMENT

Teleskop James Webb Mungkin Temukan Tanda Kehidupan di Planet Lain

Rachmatunnisa - detikInet
Minggu, 28 Agu 2022 07:48 WIB
Exoplanet neraka
Foto: NASA/JPL-Caltech
Jakarta -

Untuk pertama kalinya, Teleskop Luar Angkasa James Webb menemukan tanda-tanda adanya karbon dioksida (CO2) di atmosfer sebuah planet di luar Tata Surya kita.

Keberhasilan penemuan CO2 memberi para peneliti harapan bahwa pengamatan serupa dapat dilakukan pada objek berbatu yang lebih ramah bagi kehidupan, meskipun planet ekstrasurya tidak akan pernah dapat mendukung kehidupan seperti yang kita kenal.

Dikutip dari WIO News, menurut badan antariksa AS NASA, deteksi CO2 juga akan membantu para ilmuwan mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana Planet WASP-39 terbentuk.

WASP-39 yang memiliki massa seperempat massa Jupiter tetapi diameternya 1,3 kali lebih besar, mengorbit sebuah bintang yang berjarak 700 tahun cahaya dari Bumi.

Natalie Batalha, seorang profesor di University of California di Santa Cruz dan salah satu dari ratusan yang bekerja pada proyek Teleskop James Webb, percaya bahwa frekuensi orbit dan atmosfernya yang besar menjadikan WASP-39 sebagai kandidat ideal untuk uji awal NIRSpec, sensor inframerah mutakhir milik Teleskop James Webb.

"Bagi saya, ini membuka pintu untuk penelitian masa depan tentang super-Bumi (planet yang lebih besar dari Bumi tetapi lebih kecil dari Neptunus), atau bahkan planet seukuran Bumi," kata Pierre-Olivier Lagage, astrofisikawan dari Komisi Energi Atom Prancis (CEA).

Memblokir jumlah cahaya yang hampir tidak terlihat, planet ekstrasurya mengorbit bintangnya setiap empat hari Bumi. Dalam penemuan sebelumnya, teleskop Hubble dan Spitzer telah mendeteksi adanya uap air, natrium, dan kalium di atmosfer WASP-39.



Simak Video "Wujud Cermin Emas Teleskop Luar Angkasa James Webb"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT