Netizen Bagikan Foto-foto Memukau Supermoon Terakhir di 2022

ADVERTISEMENT

Netizen Bagikan Foto-foto Memukau Supermoon Terakhir di 2022

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 12 Agu 2022 11:32 WIB
Bulan purnama Rusa terlihat di langit sejumlah negara dunia. Pemandangannya bikin terpana siapa saja yang melihatnya. Tak percaya? Ini fotonya.
Netizen Bagikan Foto-foto Memukau Supermoon Terakhir di 2022. Foto: AP Photo
Jakarta -

Supermoon atau purnama terakhir di 2022 sedang berlangsung saat ini. Purnama ini sudah dapat disaksikan sejak 11 Agustus 2022, antara 26-42 menit sebelum Matahari terbenam, hingga 12 Agustus 2022 antara 2-6 menit setelah Matahari terbit.

Saat peristiwa terjadi, posisi berada di titik paling dekat dengan Bumi sehingga muncul fenomena Bulan purnama. Peristiwa supermoon membuat Bulan tampak lebih terang dari biasanya.

Netizen yang sudah kebagian melihat fenomena ini membagikan foto-foto Bulan purnama yang mereka saksikan. Banyak di antaranya yang memukau dan menjadi hiburan mata yang melihatnya.



Peneliti Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang menyebutkan di Indonesia, supermoon terakhir di 2022 ini dapat disaksikan di seluruh Indonesia sejak sebelum Matahari terbenam hingga setelah Matahari terbit keesokan harinya.

"Supermoon dapat disaksikan sebelum terbenam. Spefisiknya, paling lambat 26 menit sebelum Matahari terbenam untuk Kota Sabang dan yang selintang, dan paling cepat 42 menit sebelum Matahari terbenam. Arahnya di arah tenggara," terang Andi.

Tahun ini, ada empat supermoon. Tiga di antaranya sudah kita lihat pada Mei, Juni, dan Juli lalu, sehingga Agustus akan menutup supermoon tahun ini.

Di tahun 2023, kita juga akan melihat empat supermoon secara berturut-turut, demikian juga di 2024. Sedangkan di 2025, supermoon-nya akan terjadi tiga kali berturut-turut.

[Gambas:Youtube]



(rns/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT