Korsel Luncurkan Misi Antariksa Pertama ke Bulan, RI Kapan Ya?

Korsel Luncurkan Misi Antariksa Pertama ke Bulan, RI Kapan Ya?

ADVERTISEMENT

Korsel Luncurkan Misi Antariksa Pertama ke Bulan, RI Kapan Ya?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 06 Agu 2022 06:47 WIB
People watch a television screen showing a live footage of a SpaceX Falcon 9 rocket launching with South Koreas first lunar orbiter Danuri onboard from Cape Canaveral in Florida, at a railway station in Seoul on August 5, 2022. (Photo by Jung Yeon-je / AFP) (Photo by JUNG YEON-JE/AFP via Getty Images)
Korea Selatan Sukses Luncurkan Misi Antariksa Pertama ke Bulan. Foto: AFP via Getty Images/JUNG YEON-JE
Jakarta -

Korea Selatan baru saja meluncurkan misi antariksa pertamanya ke Bulan. Misi ini akan menjadi awal dari upaya eksplorasi luar angkasa oleh Korea Selatan yang lebih ambisius di masa depan. Ayo Indonesia jangan mau kalah!

Misi bernama Korea Pathfinder Lunar Orbiter (KPLO), atau yang juga disebut sebagai Danuri, dibawa mengangkasa menggunakan roket Falcon 9 milik SpaceX. Misi ini diluncurkan dari Cape Canaveral Space Force Station di Florida, Amerika Serikat pada pukul 19.08 waktu setempat.

Setelah perjalanan selama 40 menit menuju orbit, Danuri memisahkan diri dari second stage roket Falcon 9 dan melanjutkan perjalanannya ke Bulan. First stage roket sendiri langsung mendarat di kapal drone milik SpaceX sembilan menit setelah lift off.

Danuri akan menjadi misi antariksa pertama Korea Selatan yang melampaui orbit rendah Bumi. Nama Danuri dipilih mengikuti gabungan dua kata untuk 'Bulan' dan 'selamat menikmati' dalam bahasa Korea.

Sesampainya di orbit Bulan, Danuri akan langsung mengerjakan beberapa misi ilmiah seperti mempelajari medan magnet Bulan, menghitung jumlah elemen dan molekul seperti uranium, air, dan helium-3, serta mengambil foto kawah-kawah gelap di bagian kutub yang tidak pernah terkena sinar matahari.

Danuri dilengkapi dengan enam instrumen ilmiah, yang lima di antaranya dikembangkan sendiri di Korea dan satu kamera ShadowCam yang disumbangkan oleh NASA. Kamera milik NASA ini yang akan digunakan Danuri untuk mencari es air yang bersembunyi di kawah Bulan.

Wahana antariksa seberat 678 kilogram ini akan menempuh perjalanan panjang menuju Bulan. Danuri awalnya akan terbang menuju matahari, lalu berputar balik untuk ditarik oleh orbit Bulan dan akan sampai di tujuannya pada bulan Desember. Jalur ini memang lebih memakan waktu tapi lebih hemat bahan bakar, seperti dikutip dari New York Times, Sabtu (6/8/2022).

Misi senilai USD 180 juta atau sekitar Rp 2,6 triliun ini akan berlangsung selama satu tahun. Jika Danuri berhasil sampai ke Bulan, wahana ini akan menemani wahana antariksa milik NASA, India, dan China yang saat ini ada di orbit Bulan.

Korea Selatan sudah memiliki rencana jangka panjang untuk upaya eksplorasi luar angkasa selanjutnya. Setelah misi Danuri, Korea Selatan akan mendaratkan robot di permukaan Bulan pada tahun 2030.



Simak Video "Danuri Jadi Nama untuk Pengorbit Bulan Pertama Korea Selatan"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT