Lubang Raksasa Misterius Muncul di Chile, Lebih Besar dari Lapangan Tenis

ADVERTISEMENT

Lubang Raksasa Misterius Muncul di Chile, Lebih Besar dari Lapangan Tenis

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 05 Agu 2022 22:34 WIB
sinkhole
Lubang Raksasa Muncul di Chile, Lebih Besar dari Lapangan Tenis. Foto: Johan Godoy/AFP/IFL Science
Jakarta -

Para ahli di Chile sedang menyelidiki munculnya sinkhole atau lubang yang sangat besar. Berukuran lebih besar dari lapangan tenis, lubang ini muncul di dekat tambang tembaga di gurun Atacama.

Dikutip dari IFL Science, Jumat (5/8/2022) diameter lubang ini sekitar 32 meter dengan kedalaman dua kali dari lebarnya. Sinkhole tersebut muncul di daerah sekitar 800 kilometer utara Santiago pada akhir pekan lalu, tepatnya di kotamadya Tierra Amarilla, dekat tambang Alcaparrosa yang dioperasikan oleh perusahaan Kanada Lundin Mining.

Sernageomin National Geology and Mining Service menyatakan, saat ini sebuah perimeter keamanan berjarak 100 meter telah didirikan di sekitar lubang.

"Tidak ada dampak pada personel, peralatan atau infrastruktur, dan lubang tersebut tetap stabil sejak terdeteksi," demikian pernyataan Lundin Mining.

"Sebagai tindakan pencegahan, pekerjaan pembangunan di area tambang bawah tanah Alcaparrosa telah dihentikan sementara," kata perusahaan itu.

sinkholeSinkhole di Chili. Foto: Johan Godoy/AFP/IFL Science

David Montenegro selaku Direktur Sernageomin National Geology and Mining Service mengatakan para ahli akan berusaha untuk menentukan penyebab keruntuhan tanah dan memastikan bahwa semua tindakan keselamatan dilakukan untuk melindungi kehidupan pekerja dan masyarakat yang dekat dengan lokasi.

Cristian Zuniga, wali kota Tierra Amarilla yang berpenduduk sekitar 13.000 jiwa, mengatakan kepada wartawan bahwa lubang sebesar itu belum pernah terjadi sebelumnya.

"Kami minta penyebabnya diperjelas, apakah ambruknya karena kegiatan pertambangan atau yang lainnya," katanya.

Untuk diketahui, Chili adalah produsen tembaga terbesar di dunia. Negara ini berkontribusi atas seperempat pasokan tembaga secara global.



Simak Video "Lubang Raksasa Muncul Misterius di Chili, Ilmuwan Dikerahkan"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT