Sejarah 'Wabah' Penis Mengecil di Dunia, Indonesia Pernah Dilanda

ADVERTISEMENT

Sejarah 'Wabah' Penis Mengecil di Dunia, Indonesia Pernah Dilanda

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 03 Agu 2022 07:01 WIB
Diet, fitness and health concept presented by yellow banana wrapped in measure tape isolated on yellow paper background
Sejarah 'Wabah' Penis Mengecil di Dunia, Indonesia Pernah Dilanda. Foto: iStock
Jakarta -

Dalam sejarah, ada sejumlah catatan mengenai wabah yang menghebohkan. Sebut saja wabah menari (dancing plague) atau wabah tertawa (laughter plague). Tapi tahukah kamu bahwa pernah ada juga 'wabah' aneh yang pernah melanda sejumlah negara, termasuk Indonesia, yakni 'wabah penis mengecil'.

Sebelum melanda Indonesia dan negara lainnya, ketakutan penis menyusut pertama kali dilaporkan di Singapura pada 1969. Saat itu, ada hoaks yang merebak yang menyatakan flu babi bisa menyebabkan penis mengecil.

Dari hoaks mengerikan itu, tidak disangka ada banyak pria di Singapura yang berlarian ketakutan sembari 'menjaga' penis mereka. Ada yang mengikat penis mereka dengan tali, karet, apapun itu demi menjaga ukurannya.

Melansir Mothership, ketakutan itu tidaklah nyata. Singapore Medical Association (SMA) bahkan sempat menggelar konferensi pers guna mencegah kekhawatiran 'Koro Disease' yang tidak beralasan tersebut.

Segera setelah SMA dan Kementerian Kesehatan Singapura membuat pengumuman, jumlah orang yang melaporkan mengalami Koro menurun tajam. Dalam sebulan, tidak ada lagi kasus Koro yang dilaporkan. Pada akhirnya, ada lebih dari 460 kasus Koro yang dilaporkan secara resmi di rumah sakit.

Sementara itu, berdasarkan Inside Indonesia, kasus Koro Disease pertama kali terjadi di 1895-1935. Yang unik, bukannya ke media, beberapa orang memilih pengobatan tradisional seperti dukun untuk 'mengembalikan ukuran penis' mereka yang sebenarnya pun tidak terdampak apapun.

Dukun di Indonesia kemudian meracil ramuan dari minyak-minyak tradisional, kemudian memijatkan ke area perut dan kaku. Dukun biasanya menghindari pemijatan ke area penis sehingga hanya pasien yang bisa melakukannya.

[Gambas:Youtube]



(ask/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT