Paleogenomik Bisa Ungkap Misteri Asal Usul Leluhur Orang Indonesia

ADVERTISEMENT

Paleogenomik Bisa Ungkap Misteri Asal Usul Leluhur Orang Indonesia

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 02 Agu 2022 16:36 WIB
Editable vector silhouettes of cavemen hunters on patrol
Paleogenomik Coba Ungkap Asal Usul Leluhur Kita. Foto: Getty Images/iStockphoto/AdrianHillman
Jakarta -

Menggunakan paleogenomik, materi genetik bisa mengungkap sejarah. Ini yang dilakukan para ahli untuk mengungkap asal-usul leluhur bangsa Indonesia. Apa itu paleogenomik?

Paleogenomik adalah bidang ilmu yang mempelajari materi genetik yang berasal dari sisa-sisa peninggalan organisme purba di masa lampau.

Sayangnya di Indonesia, cukup sulit mendapatkan materi genetik purba. Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki iklim tropis dan lembab sehingga cenderung merusak spesimen arkeologi dan materi genetik yang terkandung di dalamnya.

Oleh karena itu, seperti disebutkan dalam webinar 'Menyingkap Misteri Asal Usul Leluhur Kita' peran arkeolog dalam pengambilan sampel untuk penelitian dan analisis paleogenomik sangat penting.

"Paleogenomik adalah bidang yang memerlukan pengetahuan dan teknologi tercanggih yang pernah ada. Pendekatan ini harus kita lakukan tetapi SDM dan sarananya sangat terbatas," kata Prof dr Herawati Sudoyo, PhD, peneliti utama Mochtar Riady Institute for Nanotechnology (MRIN), dalam webinar yang diselenggarakan pada Selasa (2/8/2022).

Oleh karena itu, menurut Herawati, mereka (MRIN) berkolaborasi dengan peneliti lain yang punya teknologi termutakhir sehingga dapat kita manfaatkan hasilnya.

Salah satu kolaborasi itu adalah lewat MoU dengan Pusat Riset Arkeologi Sejarah dan Prasejarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang ditandatangani hari ini, Selasa (2/8/2022).

Dr Herry Jogaswara MA, Kepala Riset Arkeologi Bahasa dan Sastra BRIN menyebutkan, MoU ini bertujuan untuk memahami kaitan manusia pra sejarah dan manusia modern menggunakan teknik paleogenomik.

"Beberapa kegiatan yang akan dilakukan antara lain penelitian di bidang analisis genetika dan DNA pada temuan gigi dan kerangka manusia yang ditemukan di Sulawesi. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi Indonesia untuk mengungkap sejarah kita," ujarnya.

Para peneliti menggunakan teknik paleogenomik untuk menyingkap misteri masa lalu yang berhubungan dengan leluhur manusia. Itu sebabnya, paleogenomik berkaitan dengan genom (termasuk penelitian DNA) yang bersumber dari peninggalan manusia leluhur.



Simak Video "Melihat Isi Situs Arkeologi di Guatemala"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT