James Webb Tangkap Gambar "Galaksi Hantu" yang Menakjubkan

ADVERTISEMENT

James Webb Tangkap Gambar "Galaksi Hantu" yang Menakjubkan

Rachmatunnisa - detikInet
Sabtu, 23 Jul 2022 20:15 WIB
Galaksi
Citra Teleskop Luar Angkasa James Webb menangkap NGC 628 (Galaksi Hantu) menunjukkan debu bercahaya. Foto: NASA/ESA/CSA/Judy Schmidt
Jakarta -

James Webb Space Telescope (JWST) menangkap gambar menakjubkan sebuah galaksi yang dinamakan "Phantom Galaxy" atau Galaksi Hantu. Galaksi ini tampak seperti lubang cacing.

Gambar ini direkam oleh Judy Schmidt berdasarkan data JWST yang dikumpulkan hampir satu juta mil jauhnya dari planet kita menggunakan mid-infrared instrument (MIRI).

"Saya telah melakukan ini selama 10 tahun sekarang, dan data (JWST) baru, berbeda, dan menarik. Tentu saja saya akan membuat sesuatu dengan itu," kata Schmidt dikutip dari Space.com.

Gambar itu menyoroti jalur debu di galaksi, yang lebih dikenal sebagai NGC 628 atau Messier 74. Dijuluki "spiral sempurna" oleh beberapa astronom karena galaksi begitu simetris, Galaksi Hantu menarik secara ilmiah karena termasuk kategori massa menengah. Para ilmuwan percaya ada lubang hitam tertanam di jantungnya.

Galaksi telah dicitrakan secara profesional berkali-kali sebelumnya, termasuk oleh observatorium luar angkasa seperti Teleskop Luar Angkasa Hubble dan Wide-field Infrared Survey Explorer (WISE). Apa yang membuat citra Webb berbeda dari upaya sebelumnya adalah rentang inframerah, bagian tengah yang menyoroti debu kosmik, bersama dengan kekuatan cermin heksagonal 18 segmen yang unik dan lokasi luar angkasa.

Webb mengamati M74 awal pekan ini. Data tersebut juga dibagikan di Twitter oleh Gabriel Brammer, seorang astronom di Cosmic Dawn Center di Niels Bohr Institute di University of Denmark.

GalaksiGalaksi Hantu, juga dikenal sebagai Messier 74 atau NGC 628, seperti yang terlihat oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble. Foto: NASA, ESA, dan Hubble Heritage (STScI/AURA)-ESA/Hubble Collaboration)

Gambar dari JWST mentah yang dipilih tersedia untuk umum di situs ini, beberapa jam atau hari setelah pengamatan, dan pencitra amatir dan ilmuwan bebas menggunakan data itu selama mereka mencantumkan sumbernya saat menerbitkan.

JWST langsung sibuk merilis sejumlah gambar hasil operasional pertamanya pada 12 Juli dari objek luar angkasa, termasuk nebula dan pemandangan galaksi yang sangat muda. Menyusul kemudian pada 14 Juli, dirilis foto pemandangan inframerah Jupiter bersama Bulan dan cincin raksasa gas.

Sedangkan untuk Galaksi Hantu, Schmidt menggunakan Photoshop dan FITS Liberator untuk sebagian besar karyanya dan mengatakan ada banyak video tutorial pencitraan di channel YouTube-nya untuk membantu memanfaatkan perangkat lunak yang lebih canggih saat ini.

Kalian bisa melihat citra yang lebih spektakuler dari foto-foto JWST dan objek kosmik lainnya di halaman Flickr Schmidt.



Simak Video "Teleskop James Webb Rilis Foto Aurora di Jupiter"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT