Ketika Suhu di Inggris Lebih Panas dari Indonesia

ADVERTISEMENT

Ketika Suhu di Inggris Lebih Panas dari Indonesia

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 21 Jul 2022 22:36 WIB
Suhu panas Inggris
Biasanya Dingin, Kenapa Suhu di Inggris Bisa Tembus 40 Derajat? Foto: Associated Press
London -

Inggris dikenal sebagai negara berhawa dingin dan sering turun hujan, walau memang sesekali dilanda suhu panas. Tapi baru pertama kalinya suhu udara tembus 40 derajat Celcius baru-baru ini. Apa penjelasannya menurut sains?

Termometer mencatat suhu di area Coningsby mencapai 40,3 derajat Celcius. Sedangkan 33 wilayah lainnya tercatat telah melewati rekor suhu tertinggi sebelumnya, yaitu 38,7 derajat Celcius yang terjadi di tahun 2019.

Seperti dikutip detikINET dari BBC, Kamis (21/7/2022) perubahan iklim kemungkinan besar adalah biang keladi di balik fenomena itu. Menurut lembaga PBB, Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC), saat ini manusia berada di masa terpanas dalam 125 ribu tahun.

Emisi gas rumah kaca, yang dihasilkan oleh bahan bakar fosil seperti batu bara, gas dan minyak bumi, menjebak semakin banyak panas di atmosfer. Bahkan, konsentrasi karbondioksida di atmosfer disebut berada di level tertinggi dalam 2 juta tahun.

PBB pun menargetkan agar temperatur global hanya meningkat 1,5 derajat Celcius dibanding level pra industri untuk menghindari dampak terburuk perubahan iklim. Maka pada akhir dekade ini, harus ada penurunan 43% lontaran emisi karbondioksida yang merupakan usaha sangat sulit.

Namun demikian diprediksi, bahkan meski manusia bisa menurunkan emisi sesuai target, musim panas di negara seperti Inggris masih akan terus meningkat suhunya. "Beberapa dekade lagi di masa depan, cuaca panas yang terjadi saat ini mungkin akan disebut cukup dingin," kata Profesor Friederike Otto, pakar iklim dari Imperial College London.

Artinya, bersiaplah menghadapi musim panas yang lebih panas lagi di masa mendatang. Di masa depan, gelombang dan suhu panas diperkirakan akan semakin sering terjadi dan juga durasinya kian panjang. Langkah antisipasi pun wajib dilakukan dengan serius.



Simak Video "Dampak Suhu Tinggi, Kantor Jepang Hemat Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT