Ini Tahun yang Paling Mengerikan dalam Sejarah Manusia

ADVERTISEMENT

Ini Tahun yang Paling Mengerikan dalam Sejarah Manusia

Tim - detikInet
Jumat, 15 Jul 2022 11:15 WIB
Exoplanet neraka
Ilustrasi. Foto: NASA/JPL-Caltech
Jakarta -

Tahun berapa yang dianggap paling buruk dalam sejarah? Riset yang dilakukan oleh Michael McCormick, ahli arkeologi dari Harvard University, menyebutkan bahwa 536 M adalah tahun terburuk yang pernah dilewati oleh manusia di Bumi.

Pada saat itu, penyakit pes, wabah flu, kelaparan, dan perang merajalela dan menjadi penyebab tingginya angka kematian. Manusia benar-benar menderita karenanya.

Selain itu, benua Eropa, kawasan Timur Tengah, serta sebagian Asia gelap gulita selama 18 tahun karena kabut misterius. Periode tersebut pun kerap disebut sebagai Zaman Kegelapan. Catatan sejarah menuliskan Matahari bersinar pucat terus menerus bagai Bulan.

Satu catatan, periode tersebut bukan satu-satunya masa yang mendapat julukan Zaman Kegelapan. Jatuhnya Kekaisaran Romawi juga kerap disebut sebagai Zaman Kegelapan.

Di samping itu, di tahun 536, salju hebat juga turun di China. Temperatur pada musim panas pun berkisar pada 1,5 sampai 2,5 derajat Celcius. Hal ini membuatnya menjadi masa-masa terdingin di Bumi selama lebih dari 2.300 tahun terakhir. Panen gagal dan kelaparan terjadi di mana-mana.

Penyebabnya ternyata adalah erupsi dahsyat yang terjadi di Islandia. Bencana tersebut menghasilkan jutaan ton debu yang tersebar ke seluruh dunia. Parahnya lagi, pada 540 M dan 547 M, ada dua erupsi susulan yang terjadi.

Sejak saat itu, McCormick menyebut Bumi tak menunjukkan tanda-tanda perbaikan sampai 640 M. Itu berarti, sudah lebih dari seabad sejak tahun terburuk sepanjang masa terjadi.

"Itu adalah awal mula dari salah satu periode terburuk untuk menjalani hidup, jika bukan tahun terburuk sepanjang masa," katanya, sebagaimana detikINET kutip dari Daily Mail.



Simak Video "Fakta Ilmiah Gas Air Mata yang Ditembakkan di Kanjuruhan "
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT