Wah, Ada Komet Raksasa K2 yang Akan Pepet Bumi

ADVERTISEMENT

Wah, Ada Komet Raksasa K2 yang Akan Pepet Bumi

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 13 Jul 2022 06:46 WIB
komet raksasa
Ilustrasi Komet K2. Foto: NOIRLab/NSF/AURA/J. da Silva
Jakarta -

Sebuah komet raksasa akan berada pada jarak yang cukup dengan Bumi. Menariknya, kejadian tersebut bisa dilihat oleh masyarakat, kapan dan bagaimana cara menyaksikan komet Komet C/2017 K2 (Panstarr).

Komet C/2017 K2 (Panstarr) atau yang dikenal K2. Sebagai informasi, komet ini terbilang salah satu komet aktif terjauh yang pernah terlihat, sehingga peristiwa ini merupakan kesempatan emas bagi para pecinta astronomi.

Sampai saat ini, belum ada data pasti mengenai berapa besar ukuran komet tersebut. Pengamatan awal oleh Teleskop Kanada-Prancis-Hawaii (CHCT) menyebutkan inti K2 bisa memilki lebar antara 30-160 km, tetapi teleskop luar angkasa Hubble menunjukkan kalau benda itu 18 km.

Dengan Komet K2 yang berada jarak yang cukup diamati, bisa menjawab pertanyaan akan ukuran benda tersebut.

Seperti disampaikan EarthSky dari laman Space, Rabu (13/7/2022) komet K2 diperkirakan akan seterang magnitudo 7 hingga 8, tetapi itu masih terlalu redup dapat disaksikan dengan mata telanjang.

Dengan bantuan seperti teleskop, tentunya dapat membantu pengamatan detik-detik komet K2 melintas di angkasa.

Agar masyarakat dapat menikmati pemandangan komet K2 di langit, tentunya dalam keadaan cerah. Pada kondisi gelap seperti malam hari dan minim polusi cahaya, tentunya lesatan komet K2 jadi momen yang menakjubkan untuk dinikmati.

"Semakin gelap langit, semakin baik untuk melihatnya," kata EarthSky.

Untuk melihat komet K2, benda antariksa tersebut akan melintas Bumi dengan jarak yang relatif jauh pada 13 Juli 2022, namun waktu resmi pendekatnya pada 14 Juli 2022 pukul 11.09 EDT atau 15 Juli 2022 pukul 10.09 WIB.

Menurut data dari Jet Propulsion Laboratory NASA, jarak antara komet K2 dengan Bumit pada saat itu sekitar 93 juta mil atau setara 150 juta km.



Simak Video "Daftar Eksperimen Aneh di Luar Angkasa"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT