Peringatan 75 Tahun UFO di Roswell, Terbukti Benar?

ADVERTISEMENT

Peringatan 75 Tahun UFO di Roswell, Terbukti Benar?

Rachmatunnisa - detikInet
Senin, 11 Jul 2022 13:09 WIB
Deretan Penampakan UFO Sejak Dulu Kala
Ilustrasi UFO. Foto: Istimewa
Jakarta -

Berita tentang jatuhnya benda terbang tidak dikenal (unidentified flying object/UFO) di Roswell, New Mexico, mengejutkan masyarakat sekitar. Namun peristiwa yang terjadi pada 8 Juli 1947 itu, hingga kini tampaknya tak lebih dari sekadar sebuah legenda urban.

Nick Pope, yang menjalankan proyek UFO Pemerintah Inggris dari tahun 1991 hingga 1994, dalam sebuah wawancara dengan DailyMail, mengatakan bahwa militer AS saat itu merilis siaran pers bahwa mereka menemukan cakram terbang yang membingungkan.

Puing-puing cakram pertama kali ditemukan oleh WW 'Mac' Brazel, seorang petani yang sedang membawa dombanya ke sungai terdekat. Brazel melihat puing-puing di atas tanah peternakannya dan memanggil pihak berwenang untuk analisis lebih dalam, dan mereka menentukan bahwa benda itu adalah piring terbang. Namun informasi ini segera diralat tak lama setelah diumumkan.

"Cakram itu sebelumnya terlihat selama beberapa minggu di AS. Namun 24 jam kemudian, mereka benar-benar membalikkan narasinya," katanya seperti dikutip dari Daily Mail, Senin (11/7/2022).

Pope menduga, jika puing-puing di Roswell bukan berasal dari Bumi, maka ini bisa menjadi salah satu berita utama terbaik dalam sejarah Amerika.

Ketika para petinggi militer dengan cepat menarik kembali pernyataan mereka, semuanya sudah terlambat. Legenda Roswell sebagai 'Ibu kota UFO dunia' langsung menggema.

Peristiwa yang kini dikenal sebagai 'Insiden Roswell' ini juga melahirkan gerakan modern penampakan UFO, bersama dengan genre fiksi ilmiah tentang alien. Sejak saat itu, UFO, alien, ET dan segala kisah tentangnya menjadi makin populer.

Dikutip dari Washington Post, peristiwa itu juga sempat menimbulkan kekhawatiran akan adanya perang. Perang Dunia II telah berakhir kurang dari dua tahun sebelumnya, dan Amerika Serikat serta Uni Soviet tampaknya berada di jurang konflik global lainnya.

Kemudian istilah 'Perang Dingin' diciptakan oleh George Orwell dalam sebuah esai tahun 1945 dan memasuki kesadaran modern ketika Bernard Baruch, seorang penasihat Presiden Harry S Truman, mengucapkannya dalam sebuah pidato pada musim semi tahun 1947.

Pope juga menunjukkan bahwa setiap buku UFO yang ditulis pada 1950-an hingga 1960-an tidak menyertakan informasi apa pun tentang peristiwa Roswell.

Ia menjelaskan bahwa akan sangat menarik jika kasus yang sudah berusia 75 tahun ini dapat diselesaikan dan jika hasilnya ternyata memang benar bahwa puing-puing itu berasal dari UFO.



Simak Video "NASA Bakal Bentuk Tim Ilmuwan Khusus untuk Pelajari UFO"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT