Elang Segede Orang Ada Juga Saudaranya di Papua Lho!

ADVERTISEMENT

Elang Segede Orang Ada Juga Saudaranya di Papua Lho!

Rachmatunnisa - detikInet
Senin, 04 Jul 2022 14:10 WIB
Elang Papua
Elang Segede Orang Masih Saudara dengan Elang Papua. Foto: Wikipedia
Jakarta -

Foto elang harpy pernah viral karena bikin orang yang melihatnya tercengang. Sebabnya, elang harpy punya ukuran besar, hampir sebesar rata-rata manusia.

Salah satu fakta menarik tentang elang terbesar di dunia ini, ada dua jenis elang harpy, yakni jenis The American dan The Papuan di Papua. Perbedaannya ada pada bulu di kepala. The Papuan memiliki bulu lebih lebar dibandingkan The American.

Elang Papua yang punya nama latin Harpyopsis novaeguineae, adalah burung pemangsa berukuran besar. Ia juga dikenal dengan beberapa nama lain, termasuk elang harpy Papua, rajawali Papua, elang New Guinea, elang harpy New Guinea, atau elang kapul.

Berdasarkan penjelasan di laman Bird Life International, seperti dilihat Senin (4/7/2022) hewan ini adalah spesies endemik Papua, dan kadang-kadang dapat ditemukan di hampir setiap bagian pulau, dari semenanjung Papua Indonesia di barat hingga ke seluruh Papua Nugini di timur.

Habitat asli utama yang dihuni elang Papua adalah hutan hujan tropis yang tidak terganggu. Namun, mereka juga akan memanfaatkan hutan semak musim dan hutan kering.

Elang Papua adalah raptor yang sangat besar. Betina sedikit lebih besar dari jantan, dengan perbedaan ukuran hingga 34%. Panjang totalnya berkisar antara 75 hingga 90 cm. Lebar sayapnya relatif pendek tetapi lebar, yakni 121 hingga 157 cm, sedangkan massa tubuhnya rata-rata 1,6 hingga 2,4 kg. Dengan demikian elang harpy Papua tidak sampai sebesar saudaranya yang raksasa dari Amerika Latin yaitu Harpia harpyja.

Elang Papua adalah spesies yang cukup sedikit diketahui di kalangan elang berukuran besar. Beberapa penelitian menunjukkan, mereka bersarang di pohon hutan besar, mungkin setiap dua tahun sekali.

Fauna ini mungkin langka secara alami. Tetapi di luar itu, Elang Papua juga terancam perusakan habitat oleh penggundulan hutan serta perburuan. Karena populasinya yang kecil dan menurun, spesies ini telah diklasifikasikan sebagai fauna rentan punah oleh IUCN.



Simak Video "Tak Hanya Alamnya, Flora dan Fauna Ini Menakjubkan"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT