Semua Salah, Planet Terdekat Bumi Ternyata Bukan Venus

ADVERTISEMENT

Semua Salah, Planet Terdekat Bumi Ternyata Bukan Venus

Aisyah Kamaliah - detikInet
Sabtu, 02 Jul 2022 22:10 WIB
Ilustrasi Tata Surya (NASA/W STENZEL)
Planet terdekat Bumi bukan Venus. Foto: NASA/W STENZEL
Jakarta -

Kamu mungkin sudah sering mendengar informasi yang mengatakan Venus adalah planet terdekat Bumi. Tidak salah, akan tetapi sebuah artikel di Physics Today punya argumen lain. Tulisan itu mengungkap bahwa paling dekat dengan Bumi ternyata bukan Planet Venus.

Plot twist, planet terdekat Bumi adalah Planet Merkurius!

Untuk mengidentifikasi tetangga terdekat kita, para ilmuwan yang berafiliasi dengan NASA, Los Alamos National Observatory, dan Engineer Research Development Center Angkatan Darat Amerika Serikat membuat simulasi komputer untuk menghitung jarak rata-rata Bumi dengan tiga planet terdekatnya (Mars, Venus, dan Merkurius) selama periode 10.000 tahun. Ini dikarenakan cara planet-planet sejajar selama orbitnya masing-masing berbeda-beda.

Model menunjukkan bahwa Bumi menghabiskan lebih banyak waktu lebih dekat ke Merkurius daripada Venus atau Mars. Artinya, Bumi memang lebih akrab dengan Merkurius, secara rata-rata dan bukan faktor urutan planet dari Matahari.

"Dengan kata lain, Merkurius lebih dekat ke Bumi, secara rata-rata, daripada Venus karena mengorbit Matahari lebih dekat," para penulis menjelaskan.

Hasil ini didasarkan pada teknik yang disebut metode titik-lingkaran atau point-circle method (PCM). Pada dasarnya, ini adalah persamaan matematika yang mengambil orbit dua planet dengan lingkaran, konsentris, dan coplanar, serta menghitung jarak rata-rata antara dua planet saat mereka mengorbit Matahari.

"Merkurius (radius orbit rata-rata 0,39 AU), bukan Venus (radius rata-rata 0,72 AU), adalah planet terdekat Bumi secara rata-rata," jabar mereka. Sebagai catatan, AU adalah satuan astronomi yakni jarak antara Bumi dan Matahari. Demikian melansir IFL Science, Sabtu (2/7/2022).



Simak Video "Ilmuwan Mendeteksi Permukaan Venus Bergerak Seperti Bumi"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT