4 Fakta Unik Fenomena Langka Planet Sejajar

ADVERTISEMENT

4 Fakta Unik Fenomena Langka Planet Sejajar

Tim - detikInet
Jumat, 24 Jun 2022 17:17 WIB
Fenomena planet sejajar
Fenomena langka planet sejajar. Foto: BBC
Jakarta -

Penduduk Bumi pada saat ini dapat menyaksikan fenomena langka planet-planet bersinar dalam formasi sejajar. Berikut fakta-fakta menarik planet sejajar seperti dikutip detikINET dari Science Focus, Jumat (24/6/2022):

1. Planet apa saja yang bisa dilihat?

Ada 5 planet yang tampak bercahaya dalam kondisi sejajar dapat dilihat dengan mata telanjang. Dari arah timur sampai timur laut di horison, kalian dapat menyaksikan Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus dengan mata telanjang alias tanpa bantuan alat.

Jika kalian punya teropong yang bagus atau teleskop untuk melihat planet sejajar, mungkin dapat juga melihat Planet Uranus yang terletak di antara Venus dan Bulan. Akan tetapi Uranus ini tetap sukar dilihat dan kondisi langit harus bersih untuk menyaksikannya.

Bulan sendiri akan muncul di antara planet-planet itu pada tanggal 23 sampai 25 Juni. Pada 26 Juni, Bulan akan mulai bergeser lebih dekat ke horison dan tampak bergerak ke belakang formasi planet, sebelum kemudian tenggelam.

2. Kapan planet sejajar bisa dilihat?

Kalian harus bangun subuh untuk dapat menyaksikan fenomena planet sejajar ini, sekitar sejam sebelum fajar menyingsing. Waktu ideal untuk menyaksikannya memang sudah lewat, yaitu pada subuh 24 Juni tadi.

Tapi tenang, fenomena ini masih akan ada lagi minggu depan tanggal 28-30 Juni 2022, menurut peneliti Pusat Riset Antariksa, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang. Andi mengatakan memang fenomena planet sejajar ini terjadi 3 kali selama bulan Juni 2022. Konfigurasi pertama terdiri dari sejajarnya Merkurius, Venus, Uranus, Mars, Jupiter, dan Saturnus pada 4-15 Juni 2022. Konfigurasi kedua dengan susunan Merkurius, Venus, Uranus, Mars, Jupiter, Saturnus, dan Bulan pada 16-27 Juni 2022.

Lalu, diakhiri dengan konfigurasi dengan susunan sama dengan yang pertama, yakni Merkurius, Venus, Uranus, Mars, Jupiter, dan Saturnus pada 28-30 Juni 2022. Jadi jangan lewatkan kesempatan terakhir minggu depan!

Halaman selanjutnya, seberapa langka fenomena planet sejajar>>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT