Terbuai Planet Sejajar Jupiter, Saturnus, Venus, Merkurius, Uranus

Terbuai Planet Sejajar Jupiter, Saturnus, Venus, Merkurius, Uranus

Tim - detikInet
Jumat, 24 Jun 2022 07:18 WIB
Apakah benar tanggal 24 Juni planet akan sejajar? Hal itu kini kerap dipertanyakan sehubungan dengan informasi terkait terjadinya fenomena langka tersebut.
Foto: Getty Images/iStockphoto/mkarco
Jakarta -

Netizen di Tanah Air ramai menyaksikan fenomena langka planet sejajar. Pasalnya subuh tadi, 24 Juni 2022, menjadi waktu yang dianggap paling terbaik untuk mengamati planet Merkurius, Venus, Uranus, Mars, Jupiter, dan Saturnus berada pada konfigurasi segaris.

Banyak dari warganet mengaku terkesima melihat fenomena tersebut. Mereka pun coba mengabadikan momen itu dan membagikannya di media sosial.

Saking ramainya tagar #planetsejajar menjadi trending topic di Twitter Indonesia. Demikian pula Jupiter, Saturnus, Venus, Merkurius dan Uranus.

Berikut rangkuman postingan netizen terkait fenomena planet sejajar







Fenomena Planet Sejajar

Peneliti Pusat Riset Antariksa, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang mengungkapkan konfigurasi atau parade langit ini sudah bisa dinikmati dini hari mulai tanggal 4 Juni 2022. Fenomena langka ini akan terus berlanjut sampai akhir Juni 2022 dalam beberapa kali konfigurasi.

Konfigurasi pertama terdiri dari sejajarnya Merkurius, Venus, Uranus, Mars, Jupiter, dan Saturnus pada 4-15 Juni 2022.

Selanjutnya, diikuti dengan konfigurasi kedua dengan susunan planet Merkurius, Venus, Uranus, Mars, Jupiter, Saturnus, dan Bulan pada 16-27 Juni 2022.

Lalu, diakhiri dengan konfigurasi dengan susunan yang sama dengan pertama, yakni Merkurius, Venus, Uranus, Mars, Jupiter, dan Saturnus pada 28-30 Juni 2022.

Nah, formasi sejajar dari kelima planet dan Bulan itu akan tampak paling sempurna pada 23-24 Juni. Jadi bisa disaksikan pada besok subuh ini.

Andi menjelaskan, fenomena konfigurasi planet sejajar ini dapat disaksikan selama kurang lebih 50 menit sesuai dengan waktu fajar masing-masing wilayah. Mulai dari awal fajar astronomis dengan ketinggian Matahari -18° atau 75 menit sebelum matahari terbit (sekitar pukul 04.30 waktu setempat), hingga fajar bahari, di mana ketika ketinggian Matahari -6° atau 25 menit sebelum matahari terbit (sekitar pukul 05.30 waktu setempat).

"Sejak 4 hingga 30 Juni, Merkurius akan memiliki kecerlangan yang bervariasi antara +2,06 hingga -0,61. Hal ini menunjukkan bahwa Merkurius akan semakin terang sampai di pengujung bulan Juni. Sedangkan untuk Venus bervariasi, antara -3,94 hingga -3,89, yang artinya akan sedikit redup pada akhir Juni," jelas Andi.

"Sementara itu, Uranus bervariasi antara +5,89 hingga +5,87, yang artinya Uranus akan sedikit lebih terang pada akhir Juni. Serupa dengan Mars, Jupiter, dan Saturnus yang berturut-turut bervariasi, antara +0,57 hingga +0,47, -2,25 hingga -2,41, dan +0,68 hingga +0,56," beber Andi.

Selanjutnya Planet Sejajar bisa dilihat langsung dengan mata telanjang



Simak Video "NASA Kembangkan Baju Astronaut Baru untuk Menjelajahi Mars"
[Gambas:Video 20detik]