Membuka Tabir Rahasia Borobudur yang Orang Belum Tahu

Eureka!

Membuka Tabir Rahasia Borobudur yang Orang Belum Tahu

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Jumat, 24 Jun 2022 14:09 WIB
Eureka! Rahasia Borobudur
Eureka! Rahasia Borobudur (Foto: Mindra Purnomo/detikcom)
Jakarta -

Candi Borobudur lebih sering dimaknai sebagai tempat wisata. Polemik harga tiket saja langsung ramai. Padahal candi ini menyimpan lebih banyak hal keren yang orang tidak tahu.

Candi Borobudur memang selalu menjadi perhatian publik. Polemik harga tiket sempat ramai jadi pro dan kontra, meski akhirnya rencana ini dibatalkan. Yang terakhir, ada heboh meme stupa Candi Borobudur diedit jadi muka Presiden Jokowi dan membuat Roy Suryo dilaporkan ke polisi.

Memang, Candi Buddha terbesar di dunia ini bukan tempat sembarangan. Sejak dibangun Dinasti Sailendra antara 780-840 Masehi, para arkeolog dan ilmuwan lain berusaha memahami bangunan ini. Ternyata, Candi Borobudur menyimpan banyak misteri yang terbuka perlahan-lahan.

Misalnya, kini arkeolog memahami ini adalah bangunan bergaya mandala sebagai lambang semesta. Ada zona-zona bangunan yaitu Kamadhatu (dunia), Rupadhatu (peralihan), dan Arupadhatu (alam tertinggi). Semua dengan relief dan stupa masing-masing.

Tapi masih banyak misteri lain yang tidak semua orang tahu. Misalnya, bagaimana semua batu itu ditempel dan awet selama berabad-abad. Bagaimana ukuran bangunannya begitu presisi. Bagaimana teknologi saat itu bisa menghasilkan candi yang besar seperti ini?

Banyak juga cerita mitos berkembang di masyarakat. Benarkah Candi Borobudur dibangun dengan kekuatan supernatural? Benarkah candi ini merupakan jam raksasa? Benarkah candi ini dibangun dengan rumus angka-angka khusus yang dirahasiakan?

Nah, detikINET pun kembali dengan talkshow 'Eureka! Edisi 6: Rahasia Borobudur'. Kami akan menghadirkan pakar yaitu Brahmantara. Dia adalah Pengkaji Pelestari Borobudur. Catat baik-baik waktunya ya:

Event: Eureka! Rahasia Borobudur
Waktu: Senin, 27 Juni 2022
Live: detikcom, YouTube detikcom dan detikINET, serta Facebook detikcom

Kamu punya pertanyaan soal Candi Borobudur? Tuliskan pertanyaanmu di kolom komentar dan temukan jawabannya di acara talkshow Eureka!



Simak Video "Sandiaga Uno Harap Penataan Candi Borobudur Bisa Tarik 20 Juta Wisatawan"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)