Ilmuwan Temukan Dunia Lain Tersembunyi di Bawah Antartika

Ilmuwan Temukan Dunia Lain Tersembunyi di Bawah Antartika

ADVERTISEMENT

Ilmuwan Temukan Dunia Lain Tersembunyi di Bawah Antartika

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 17 Jun 2022 08:50 WIB
Lapisan es penting di Gletser Thwaites Antartika berada di ambang bahaya dalam waktu lima tahun ini. Diperkirakan akan ada percepatan pencairan gletser yang drastis.
Ilmuwan Temukan Dunia Lain Tersembunyi di Bawah Antartika. Foto: NASA
Jakarta -

Antartika sering dianggap sebagai tempat terdingin, terkering, dan terdingin di Bumi. Namun entah bagaimana, sebuah kehidupan akan terus menemukan jalan.

Ketika perubahan suhu global mungkin memicu pencairan lapisan es di wilayah kutub, ada sesuatu yang patut dirayakan dengan gembira di Arktik. Pasalnya, para ilmuwan baru-baru ini menemukan dunia tersembunyi di bawah Antartika. Dunia ini penuh dengan kehidupan.

Dikutip dari BGR, dunia ini ditemukan pada kedalaman lebih dari 1.640 kaki di bawah permukaan es di Antartika setelah mengebor lubang melalui es. Tim ilmuwan kemudian menjatuhkan kamera ke dalam lubang. Di bagian bawah, mereka melihat beberapa bintik buram dan kecil berkedip di depan kamera.

Tapi bintik-bintik itu bukan karena peralatan yang rusak. Sebaliknya, ternyata itu adalah kawanan amphipoda kecil yang bergerak di depan lensa kamera.

Ilmuwan mengatakan, temuan ini menyadarkan bahwa mereka lengah, karena mereka tidak menyangka akan menemukan jenis kehidupan apa pun yang jauh di bawah permukaan es.

Para peneliti mengatakan bahwa memiliki dunia tersembunyi di bawah es Arktik adalah bukti nyata dari ekosistem yang berperan. Secara keseluruhan, mereka mengatakan penemuan dunia tersembunyi di bawah es Antartika membuat mereka kegirangan.

Penemuan ini luar biasa, itu pasti. Selain memberikan bukti ekosistem yang luas di bawah es, sebelumnya tidak ada yang berharap bisa menemukan kehidupan apa pun di sana, apalagi dunia tersembunyi di bawah Antartika. Karena itu, masuk akal bahwa penemuan itu sangat mengejutkan.

Seperti sudah disebutkan di awal, Antartika sering dianggap sebagai salah satu, jika bukan tempat terdingin, terkering, dan terdingin di Bumi.Sebagai salah satu "topi" kutub, ia bertanggung jawab atas 90% es dunia dan 80% air tawarnya.

Jadi, benua ini memiliki pengaruh besar pada planet kita. Itulah sebabnya para ilmuwan mencoba mempelajarinya lebih lanjut. Penemuan dunia tersembunyi di bawah Antartika dilakukan di The Ross Ice Shelf.

Ini adalah lapisan es terbesar di dunia dan telah menjadi fokus dari beberapa proyek penelitian selama bertahun-tahun. Para ilmuwan mengatakan mereka kebetulan menemukan struktur yang menampung seluruh ekosistem amphipoda.

Para ilmuwan berharap untuk lebih memahami skenario iklim berbeda yang dapat mengubah Laut Ross. Sebaliknya, mereka pergi setelah menemukan dunia dan ekosistem yang sama sekali tidak dikenal. Ini adalah pencapaian yang luar biasa dan diharapkan akan terus menjelaskan bagian dunia yang dingin dan misterius ini.



Simak Video "Starlink Milik Elon Musk Siap Merambah Benua Antartika"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT