Heboh China Klaim Temukan Sinyal dari Alien

ADVERTISEMENT

Heboh China Klaim Temukan Sinyal dari Alien

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 16 Jun 2022 16:11 WIB
Beijing -

China mengklaim mungkin telah menerima pesan berupa sinyal dari peradaban alien dan bikin geger. Namun kemudian, laporan mengenai temuan itu tiba-tiba dihapus.

Dikutip detikINET dari Daily Mail, Kamis (16/6/2022) sinyal itu ditangkap oleh teleskop Sky Eye yang ukurannya raksasa, dengan diameter sekitar 500 meter di Provinsi Guzhou. Ilmuwan mendeteksi sinyal elektromagnetis tidak biasa yang bisa jadi dikirimkan oleh makhluk luar angkasa.

Kabar itu diinformasikan dalam laporan di media Science and Technology Daily, dikelola oleh Kementerian Sains dan Teknologi China. Namun belum begitu lama tayang, artikel itu mendadak dihapus dan tidak diketahui penyebabnya.

"Teleskop Sky Eye mungkin telah menerima sinyal kehidupan dari luar Bumi, menurut laporan dari media pemerintah, yang kemudian dihapus," sebut Bloomberg.

"Kabar soal alien itu sudah trending di media sosial Weibo dan juga dikutip oleh media lain, termasuk media milik pemerintah," tambah mereka.

Dalam artikel itu, Zhang Tonjie yang adalah ilmuwan yang membidangi pencarian alien, menyatakan jika timnya telah mendeteksi dua sinyal mencurigakan di tahun 2020 dan juga tahun 2022, ketika sedang menggelar observasi terhadap exoplanet, sebutan untuk planet di luar Tata Surya kita.

Sinyal itu berupa gelombang radio sempit yang biasanya hanya dipakai di pesawat dan satelit buatan manusia, namun ada kemungkinan juga berasal dari teknologi alien. Namun demikian, riset itu masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan dari mana sebenarnya sumbernya.

"Itu adalah beberapa sinyal elektromagnetik yang berbeda dari yang muncul di masa silam dan tim sedang bekerja untuk investigasi lebih lanjut. Mungkin butuh proses lama," kata Tongjie.

[Gambas:Youtube]



(fyk/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT