Hiii! Lele Zombie Hidup Lagi Setelah Kena Air

Hiii! Lele Zombie Hidup Lagi Setelah Kena Air

ADVERTISEMENT

Hiii! Lele Zombie Hidup Lagi Setelah Kena Air

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 10 Jun 2022 08:15 WIB
Lele zombie
Hiii! Lele Zombie Hidup Lagi Setelah Kena Air. Foto: Screenshot Mirror
Jakarta -

Seekor lele yang sudah lama mati, tampak bergerak-gerak setelah diberi percikan air. Lele yang tampak mengering berbalur lumpur di sekujur tubuhnya itu terlihat bernapas untuk pertama kalinya melalui mulut, saat air dituangkan ke atas tubuhnya.

Video yang memperlihatkan lele mati hidup kembali ini viral dibagikan di kalangan para pengguna Reddit. Sebenarnya ini bukan hal yang aneh. Lele suckermouth atau pleco adalah spesies yang bisa mengembangkan kemampuan untuk beralih ke mode seperti hibernasi.

Artinya, seperti dikutip dari Mirror, lele suckermouth dapat bertahan hidup di bawah lumpur kering yang mengeras selama berbulan-bulan, tanpa akses ke air sampai hujan tiba.

Tak seperti kebanyakan ikan, pleco juga dapat hidup hingga 30 jam di luar air jika mereka menyimpan cukup oksigen di perutnya. Spesies ini sangat mudah beradaptasi, dan lele suckermouth air tawar yang bernapas di udara memiliki berat hingga tiga pon dan bergantung pada organ aksesori yang terkait dengan rongga insang yang memungkinkan pleco menghirup udara.

Mereka memiliki insang untuk bernafas dan berenang ke permukaan untuk menghirup udara ketika lebih sedikit oksigen dapat ditemukan di dalam air.

Lele suckermouth air tawar yang bernafas di udara berasal dari Amerika Selatan bagian utara, dan dinamai demikian karena bentuk mulutnya yang terlihat seperti cangkir hisap.

Tapi plecos bukan satu-satunya yang punya kemampuan demikian. Lungfish Afrika juga beradaptasi untuk bertahan hidup di tepi daratan. Mereka mengandalkan insang yang berinteraksi dengan paru-paru fungsional untuk memasok oksigen, mereka juga beradaptasi untuk hidup melalui periode kekeringan dengan membuat terowongan kecil di bawah tanah, atau di lumpur.

Organ tubuh hewan ini menjaga kelembaban di sekitar tubuh dan memungkinkan cukup udara untuk bersirkulasi di sekitar mereka untuk bernapas tanpa membutuhkan air.

[Gambas:Youtube]





Simak Video "Sandiaga Panen 337 kg Lele Bareng Warga di Jaksel"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT