Misteri Punahnya Hiu Monster Megalodon Terungkap

Misteri Punahnya Hiu Monster Megalodon Terungkap

ADVERTISEMENT

Misteri Punahnya Hiu Monster Megalodon Terungkap

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 01 Jun 2022 20:15 WIB
the meg megalodon
Ilustrasi megalodon. Foto: Istimewa
Jakarta -

Jika masih ada, hiu raksasa megalodon tentu akan menjadi penguasa lautan yang menakutkan. Mereka sudah lama sekali punah dan ilmuwan mengatakan mungkin telah ditemukan apa penyebabnya setelah selama ini menjadi teka teki.

Megalodon punah sekitar 3 juta tahun yang lalu. Penelitian pada fosil giginya mengungkap bahwa megalodon harus berkompetisi sengit dengan hiu putih besar dalam memperebutkan makanan.

Pada saat itu, pasokan makanan seperti paus dan mangsa lainnya mulai menipis. Kemudian ada juga faktor lingkungan seperti perubahan tinggi air laut.

Seperti dikutip detikINET dari BBC, tim periset internasional menemukan bahwa dari gigi megalodon dan hiu putih besar dulunya mungkin berkompetisi memakan mangsa yang sama, termasuk lumba-lumba, paus dan porpoise. Hasilnya kemungkinan megalodon kalah di rivalitas itu.

"Ini adalah kepingan puzzle bukti bahwa ada kompetisi antara hiu besar modern dengan megalodon dalam hal sumber makanan di laut pada saat keduanya masih berdampingan," cetus Profesor Thimas Tutken dari Johannes Gutenberg University di Jerman.

Namun studi ini dinilai masih perlu dipertajam sehingga bisa benar-benar disimpulkan bahwa itulah yang menjadi penyebab punahnya megalodon. Selama ini, punahnya spesies ini masih menjadi misteri.

Megalodon pada masa hidupnya bisa tumbuh sampai sepanjang 18 meter dan beratnya bisa tembus 60 ton. Mereka adalah penguasa lautan dan senang memakan paus. Habitatnya diperkirakan di berbagai belahan dunia.

Megalodon artinya adalah gigi besar dan hiu ini menurut ilmuwan punah pada sekitar 3 juta tahun yang lalu. Pada masa silam itu, megalodon kemungkinan sangat besar populasinya. Tandanya adalah, fosil binatang ini ditemukan di banyak tempat di berbagai belahan dunia.

[Gambas:Youtube]




(fyk/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT