Mengenal Segitiga Berbahaya Wajah yang Viral, Benarkah Mematikan?

ADVERTISEMENT

Mengenal Segitiga Berbahaya Wajah yang Viral, Benarkah Mematikan?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 27 Mei 2022 20:30 WIB
People person comedian humor joke concept. Portrait of grimacing attractive cute sweet lovely adorable restless carefree with long hairstyle girl holding air in cheeks isolated on gray background
Mengenal Segitiga Berbahaya Wajah yang Viral, Benarkah Mematikan? Foto: Getty Images/iStockphoto/Deagreez
Jakarta -

Mungkin kamu pernah mendengar larangan mengenai memencet area 'segitiga berbahaya' di wajah. Informasi ini sempat viral dan bikin geger karena banyak orang yang sebelumnya tidak paham tentang ini. Mereka pun menjadi takut dengan risiko yang mengancam jika melanggar aturan tersebut.

Melansir IFL Science, berikut ini fakta mengenai 'segitiga mematikan wajah' yang perlu kamu ketahui.

1. Apa Itu 'Segitiga Berbahaya'

Segitiga berbahaya atau segitiga mematikan berada di area hidung hingga wilayah pojok bibir kanan dan kiri. Area ini bila digambarkan berbentuk segitiga.

Di sini, vena oftalmik menghubungkan vena di bagian depan wajah ke ruang kosong di bawah otak yang disebut sinus kavernosus. Karena itu, mengopek-ngopek jerawat atau daging tumbuh di area ini bisa berakibat fatal. Dampaknya bisa menyebabkan infeksi serius.

2. Mengapa Tidak Boleh Sembarangan dengan Segitiga Berbahaya

Misalnya, kamu memiliki jerawat di area tersebut kemudian mencoba memencetnya. Jerawat yang belum siap untuk memberikan ruang di wajah terkadang bisa menjadi lebih dalam jika kamu menekannya, ini bisa meningkatkan kapasitas penyebaran infeksi.

Jika patogen mulai menyebar di dalam segitiga berbahaya wajah, mereka dapat menumpang melalui pembuluh darah mata ke sinus kavernosa dan bahkan ke otak. Hal ini dapat menyebabkan kondisi yang berpotensi fatal seperti bekuan darah di sinus kavernosa, abses otak, atau meningitis.

3. Apa yang Harus Dihindari di Area Segitiga Berbahaya

Area segitiga kematian sebaiknya dijaga dengan baik. Hindari memencet jerawat di area tersebut, jangan mencabut bulu hidung sembarangan, jaga kesehatan gigi karena abses atau pembengkakan di gusi bisa menimbulkan bahaya infeksi yang lebih luas.



Simak Video "Mengapa Orang India Banyak yang Jadi Bos Teknologi? Ini Alasannya..."
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT