4 'Bukti' Manusia Hidup di Dunia Simulasi

4 'Bukti' Manusia Hidup di Dunia Simulasi

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 20 Mei 2022 16:30 WIB
An illustration picture shows a projection of binary code on a man holding a laptop computer, in an office in Warsaw June 24, 2013. REUTERS/Kacper Pempel/Illustration/File Photo
4 'Bukti' Manusia Hidup di Dunia Simulasi. Foto: Reuters/Kacper Pempel
Jakarta -

Ada teori yang menyatakan manusia hidup di dunia simulasi. Bahkan, orang terkaya di dunia yang merupakan bos perusahaan antariksa SpaceX, Elon Musk juga mempercayai gagasan tersebut. Glitch in the Matrix digadang sebagai salah satu contoh kuat soal teori dunia simulasi.

Melansir Vulture, berikut ini adalah 'bukti' yang bisa mendorong kebenaran manusia hidup di dunia simulasi walau tentu hanya sebatas teori.

1. Hantu bisa jadi adalah...

Ada kemungkinan bahwa yang selama ini kita anggap sebagai hantu atau setan adalah 'glitch in the matrix'. Karena ada 'bug', sesuatu yang seharusnya tidak ada pada tempatnya, menjadi ada di sana. Tapi kembali lagi, ini hanyalah teori.

2. The Mandela Effect

Mandela Effect adalah kejadian yang dianggap segelintir orang adalah kejadian nyata dan diyakini, namun pada faktanya tidak demikian. Ini diambil dari nama Mandela Nelson. Beberapa orang mengaku mengingat liputan TV tentang kematian Nelson Mandela pada 1980-an meskipun Mandela sebenarnya meninggal pada 2013. Oleh karena itu, 'Mandela Effect' dianggap sebagai bukti ada seseorang yang mengutak-atik dunia simulasi yang sedang kita jalani.

3. Mana alien?

Mungkin alasan kita belum bertemu alien adalah 'RAM' yang ada untuk menjalani simulasi hanya cukup untuk satu peradaban di Bumi saja sehingga tidak ada alien. Atau, alien sudah jauh lebih pintar dari manusia untuk terlepas dari jerat dunia simulasi.

4. DNA yang mengandung virus komputer

Pada tahun 2017, sekelompok peneliti multidisiplin di University of Washington membuktikan bahwa mereka dapat menyematkan kode komputer berbahaya ke dalam untaian fisik DNA. Tujuan mereka adalah untuk menunjukkan bahwa komputer yang bekerja dalam pengurutan gen rentan terhadap serangan.

Tetapi mereka mungkin juga secara tidak sengaja mengungkapkan bahwa apa yang kita anggap selama ini sebagai realitas biologis sebenarnya adalah.. kode komputer. Kembali lagi, semua tergantung kamu, detikers. Kamu percaya atau tidak? Tuliskan pendapatmu di kolom komentar.



Simak Video "Konsep Multiverse di Film Dr Strange dalam Teori Fisika"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)