Penampakan UFO Pentagon Akan Disidangkan

Penampakan UFO Pentagon Akan Disidangkan

Rachmatunnisa - detikInet
Rabu, 18 Mei 2022 07:45 WIB
Jakarta -

Kongres AS akan mengadakan dengar pendapat publik untuk pertama kalinya tentang UFO sejak tahun 1960-an pada Selasa (17/5) waktu setempat. Pertemuan ini akan mendengarkan berbagai kesaksian intelijen pertahanan untuk menetapkan apa yang dapat menyebabkan fenomena tersebut.

Sidang yang akan menanyai dua ahli Pentagon tentang apa yang mereka ketahui tentang penampakan UFO, akan fokus pada isi laporan Pentagon Juni 2021 yang mengungkapkan pilot angkatan laut telah melaporkan 144 penampakan unidentified aerial phenomena (UAP) atau fenomena udara tak dikenal sejak 2004, yang sebagian besar departemen menyimpulkan "mungkin memang mewakili objek fisik."

"Dari penampakan UAP yang dilaporkan ini, 18 menunjukkan perilaku penerbangan yang sangat tidak biasa, dengan benda-benda misterius tampak "tetap diam di atas angin, bergerak melawan angin, bermanuver tiba-tiba atau bergerak dengan kecepatan tinggi, tanpa alat penggerak yang terlihat," demikian menurut laporan itu.

Klip video yang dirilis menunjukkan beberapa pesawat yang seolah-olah tidak memiliki tenaga penggerak ini bergerak dengan kecepatan hipersonik. Salah satu cuplikan (yang direkam oleh Angkatan Laut AS) tampaknya menunjukkan UFO bulat melayang di udara sambil memantul dari sisi ke sisi, sebelum terjun ke laut.

Seorang mantan pejabat Pentagon, Luis Elizondo, juga mengatakan kepada Washington Post bahwa UAP telah mengganggu fasilitas senjata nuklir rahasia AS, bahkan memaksa beberapa di antaranya offline.

Komite pengawasan Kongres telah menyelidiki klaim tersebut sejak 2017 setelah Politico dan New York Times membeberkan serangkaian laporan mengejutkan tentang kantor penelitian rahasia UFO Pentagon, dan kesaksian pilot Angkatan Laut dan awak radar yang menemukan benda-benda aneh di udara.

"Kongres belum mengadakan dengar pendapat publik tentang fenomena udara tak dikenal (UFO) selama lebih dari 50 tahun," tulis Ketua rapat dan Perwakilan Indiana Andre Carson di Twitter, dikutip dari Science Alert.

"Hal itu akan berubah ketika saya memimpin sidang di House Intelligence tentang topik ini dan risiko keamanan nasional yang ditimbulkannya. Warga Amerika perlu tahu lebih banyak tentang kejadian yang tidak dapat dijelaskan ini," ujarnya.

Setelah dengar pendapat publik ini, Kongres akan mengadakan sidang tertutup dan rahasia tentang aktivitas kelompok Pentagon yang dikenal sebagai Airborne Object Identification and Management Synchronization Group (AOIMSG) yang telah ditugaskan untuk mengungkap kemungkinan penjelasan atas penampakan tersebut.

(rns/afr)