Menakjubkan, Foto Pertama Lubang Hitam Raksasa di Pusat Bima Sakti

Menakjubkan, Foto Pertama Lubang Hitam Raksasa di Pusat Bima Sakti

ADVERTISEMENT

Menakjubkan, Foto Pertama Lubang Hitam Raksasa di Pusat Bima Sakti

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 13 Mei 2022 10:15 WIB
Lubang hitam Bima Sakti
Lubang hitam di pusat galaksi Bima Sakti. Foto: BBC
Jakarta -

Di pusat Galaksi Bima Sakti, terdapat obyek lubang hitam super masif atau raksasa. Kini untuk pertama kalinya, ilmuwan berhasil mengabadikannya dalam bentuk gambar.

Dikenal dengan nama Sagittarius A, lubang hitam ini ukurannya sangat besar, kira-kira setara dengan massa 4 juta kali lipat dibandingkan dengan Matahari.

Fotonya sendiri menampakkan lubang hitam yang sangat padat itu sehingga cahaya pun tak bisa lolos. Kemudian di sekelilingnya adalah materi super panas yang bercahaya.

Foto ini disusun oleh tim astronom internasional di Center for Astrophysics Harvard & Smithsonian. Dulu, tim ini pula yang menagabadikan foto lubang hitam untuk pertama kalinya pada sekitar 3 tahun yang lalu.

"Ini adalah lubang hitam super masif kita. Lokasinya berada di pusat di mana kita hidup," kata Peter Galison, direktur Black Hole Initiative di Harvard yang dikutip detikINET dari Harvard.com.

Lubang hitam Bima SaktiLubang hitam di pusat Bima Sakti. Foto: BBC

Foto ini adalah bukti visual langsung pertama bahwa memang benar-benar ada lubang hitam raksasa di pusat Galaksi Bima Sakti, dengan jarak sekitar 27 ribu tahun cahaya dari Bumi.

"Melihat cincin bercahaya di kegelapan lubang hitam ini untuk pertama kalinya dulu terasa menakjubkan, namun kini setelah dua kali melihatnya, kami mulai punya keyakinan bahwa di pusat galaksi ada lubang hitam luar biasa ini yang jutaan atau miliaran kali massanya dibanding Matahari," tambah Peter.

Penelitian lebih lanjut mengenai lubang hitam ini dapat membantu menyelidiki bagaimana Bima Sakti terbentuk. Oh ya untuk mengabadikannya, ilmuwan mengerahkan teleskop di berbagai belahan dunia dalam kolaborasi bernama Event Horizon Telescope. Teleskop itu bisa dikatakan bersatu padau untuk menangkap foto lubang hitam tersebut.



Simak Video "Ilmuwan Dapatkan Visual Lubang Hitam di Pusat Galaksi Bima Sakti"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT