Foto Terbaik UFO Dipoles Lagi, Hasilnya Menakjubkan

ADVERTISEMENT

Foto Terbaik UFO Dipoles Lagi, Hasilnya Menakjubkan

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 12 Mei 2022 07:15 WIB
ufo
Foto: BrightSide
Jakarta -

Salah satu gambar UFO paling meyakinkan dari abad ke-20 telah diubah ke dalam format resolusi tinggi. Gambar ini memperbarui diskusi tentang apa yang disebut sebagai gambar terbaik UFO yang pernah dipublikasikan.

Dikenal sebagai gambar Danau Cote, foto itu diambil dari pesawat terbang pada pagi hari tanggal 4 September 1971 oleh tim dari National Geographic Institute of Costa Rica yang mempelajari dampak potensial dari proyek pembangkit listrik tenaga air yang sedang direncanakan di sekitar Gunung Api Arenal.

Tanpa sepengetahuan fotografer pada saat itu, gambar objek berbentuk cakram logam yang tidak biasa ditangkap di sudut salah satu bingkai mereka. Sifat objek yang tidak biasa telah diperdebatkan dengan sengit selama bertahun-tahun: beberapa mengatakan itu adalah editan, ada juga yang menyebut ilusi optik, dan yang lainnya mengatakan itu piring terbang.

Beberapa peneliti telah mempelajari foto itu selama bertahun-tahun, menerbitkan laporan tentangnya pada tahun 1989 dan 1990, menyimpulkan bahwa foto itu tidak mengandung bukti cacat optik, tipuan yang disengaja, atau informasi lain yang mendukung bahwa foto tersebut adalah "foto biasa". Namun, tidak semua orang yakin akan hal tersebut.

UFOFoto: UAPMedia UK

Dikutip dari IFL Science, dalam bab terakhir dari cerita ini, tim dari UAPMedia UK baru-baru ini mendapatkan versi pindaian resolusi tinggi dari gambar tersebut.

Menurut UAPMedia UK, Esteban Carranza dari Kosta Rika diberi salinan negatif asli yang ditemukan di National Archives of Costa Rica ketika pamannya meninggal tahun lalu. Setelah mendiskusikan gambar tersebut dengan Sergio Loaiza, teknisi yang mengambil gambar tersebut, Carranza mengirimkan gambar tersebut ke laboratorium foto di Kansas di mana gambar tersebut dikenai drum scanner, sejenis kamera digital presisi tinggi yang dapat memindai gambar pada resolusi yang sangat tinggi.

Berbicara tentang gambar Danau Cote yang direnovasi, sejumlah peneliti mengatakan foto itu masih belum sepenuhnya menyelesaikan perdebatan tentang apa yang benar-benar ditangkap di atas gunung berapi Kosta Rika. Namun demikian, mereka berharap bisa memicu diskusi seputar gambar atau video lain dari fenomena udara tak dikenal.

"Ini adalah foto yang sangat menarik, dan benar-benar menangkap imajinasi. Saya selalu terkesan dengan betapa 'benar' tampilannya. Namun, untuk kebenarannya, saya tidak bisa mengatakannya, tapi saya ingin itu menjadi benar. Jelas terlihat jauh lebih meyakinkan daripada banyak gambar lain yang pernah saya lihat selama bertahun-tahun," kata Graeme Rendall, penulis UFO Before Roswell dan Flying Saucer Fever.

"Gambar-gambar bersejarah seperti ini dari Kosta Rika masih memiliki banyak cerita, dan wawasan baru terkadang sudah dekat. Jika kita dapat mendemokratisasikan secara sosial dan melakukan crowdsource pencarian jawaban kita, kita akan sampai pada kebenaran daripada jika kita hanya menunggu konfirmasi lebih lanjut dari pemerintah kita," tambah Jeremy Corbell, pembuat film dokumenter dan ahli UFO.



Simak Video "UFO, Alien, dan Kehidupan di Luar Bumi"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT