Catat! Ada Gerhana Bulan Total 'Bulan Berdarah' Akhir Pekan Ini

Catat! Ada Gerhana Bulan Total 'Bulan Berdarah' Akhir Pekan Ini

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 10 Mei 2022 06:16 WIB
Jakarta -

Setelah perayaan Idul Fitri 1443 H, ada satu fenomena alam yang menarik dan sayang untuk dilewatkan begitu saja. Gerhana bulan total akan tersaji akhir pekan ini, tepatnya pada 15 Mei 2022.

Gerhana bulan total ini adalah yang pertama kali berlangsung pada tahun 2022. Gerhana Bulan merupakan kondisi ketiga Bumi berada di antara Bulan dan Matahari, sehingga Bulan tidak mendapat sinar Matahari.

Gerhana Bulan total ini juga bertepatan dengan Hari Raya Waisak 2565 Buddhist Era.

Ilmuwan gerhana Fred Espenak, seperti dikutip dari Space, Selasa (10/4/2022) menyebutkan gerhana bulan total pada 15 Mei itu juga disebut supermoon, di mana bulan purnama berada di pergiee alias paling dekat jaraknya dengan Bumi).

Coraknya yang berwarna merah saat ketika proses gerhana terjadi menjadikan fenomena ini disebut juga blood moon atau bulan berdarah.

Gerhana bulan total edisi kali ini diperkirakan berjalan selama tiga jam 27 menit 58 detik. Sayangnya, gerhana bulan total ini tidak dapat disaksikan di Indonesia. Sebab ketika kejadian itu, wilayah Indonesia sudah memasuki siang hari berikutnya.

Adapun bila ingin melihat detik-detik bumi, bulan, dan matahari dalam satu garis lurus itu bisa disaksikan secara online pukul 08.32 WIB hingga 13.50 WIB.

Beberapa negara yang 'beruntung' melihat gerhana bulan total tersebut, mulai dari wilayah Amerika Utara, seperti Kanada, Amerika Serikat, Meksiko, negara-negara di Amerika Tengah, kemudian Greendland, Islandia.

Gerhana total sebagian terlihat di Selandia Baru, Eropa Timur, dan wilayah Timur Tengah juga berkesempatan menyaksikan langsung gerhana bulan total.

(agt/afr)