Ngeri! Langit di China Merah Menyala Bagai Kiamat

Ngeri! Langit di China Merah Menyala Bagai Kiamat

Rachmatunnisa - detikInet
Senin, 09 Mei 2022 18:13 WIB
Fenomena langit merah menyala
Langit mengerikan yang merah menyala di China (Foto: Global Times)
Jakarta -

Di China terjadi fenomena alam yang tampak mengerikan. Langit di Provinsi Zhejiang menjadi merah menyala, seperti adegan kehancuran dalam film fiksi ilmiah.

Biro meteorologi lokal Zhoushan, sebuah kota di Provinsi Zhejiang China Timur, mengumumkan pada Minggu (8/5) waktu setempat, bahwa langit merah menyala yang muncul di daerah ini, disebabkan oleh pembiasan dan hamburan cahaya.

Kemungkinan besar sumber hamburan cahaya ini berasal dari lampu kapal di pelabuhan. Fenomena langka langit merah yang muncul di Zhoushan ditunjukkan dalam video dan foto yang diambil oleh penduduk setempat.

Fenomena langit merah kemudian menjadi salah satu trending topic teratas di media sosial mirip Twitter versi China, Sina Weibo. Berbagai postingan terkait fenomena ini menarik lebih dari 150 juta tampilan pada Minggu malam.

"Saya belum pernah melihat yang seperti ini sebelumnya. Sungguh mengherankan, langit bahkan bisa berubah menjadi merah," kata salah satu pembuat video, seperti dikutip dari Global Times, Senin (9/5/2022).

Staf Biro Meteorologi Zhoushan menjelaskan, cuaca berkabut dan berawan di Zhoushan pada Sabtu (7/5) dan gerimis pada saat langit merah mungkin disebabkan oleh pantulan cahaya dari awan tingkat rendah.

"Saat kondisi cuaca bagus, lebih banyak air di atmosfer membentuk aerosol yang membiaskan dan menyebarkan cahaya kapal penangkap ikan dan membuat langit merah terlihat oleh publik," kata staf biro meteorologi.

Beberapa netizen merujuk pada peristiwa serupa saat fenomena langit merah muncul selama sembilan hari di banyak negara pada tahun 1770. Peristiwa itu diklaim oleh ilmuwan Jepang dalam sebuah artikel ilmiah pada tahun 2017, disebabkan oleh aktivitas Matahari yang masif.

Seorang ahli dari tim peneliti fisika luar angkasa dari China University of Geosciences di Wuhan, mengatakan kepada media bahwa aktivitas Matahari dan geomagnetik pada saat terjadi fenomena langit merah, terpantau tenang dan tidak ada anomali signifikan dalam aktivitas Matahari.

Keterangan ini pada dasarnya mengesampingkan kemungkinan bahwa fenomena langit merah di Zhoushan disebabkan aktivitas geomagnetik dan Matahari.



Simak Video "Melihat Keindahan Strawberry Supermoon di Belakang Kuil Kuno Yunani"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)