Pakar Oxford Takut Lokasi Bumi Bocor ke Tangan Alien Jahat

Pakar Oxford Takut Lokasi Bumi Bocor ke Tangan Alien Jahat

ADVERTISEMENT

Pakar Oxford Takut Lokasi Bumi Bocor ke Tangan Alien Jahat

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 19 Apr 2022 05:45 WIB
Ilustrasi diculik alien
Ilustrasi alien jahat. Foto: dok Wallpapercave
Jakarta -

NASA berencana untuk mengirimkan lokasi Planet Bumi ke antariksa. Hal itu dipandang kurang bijak oleh pakar dari Universitas Oxford ini karena bisa jadi alien yang berniat jahat berencana menginvasi Bumi begitu menerima pesan semacam itu.

Pesan kode biner bernama Beacon of the Galaxy akan memancarkan informasi mengenai Tata Surya kita, Bumi, komposisi biokimia planet ini dan eksistensi manusia, ke lokasi di galaksi Bima Sakti yang kemungkinan ditinggali alien.

Rencananya, seperti dikutip detikINET dari Daily Mail, pesan itu akan dipancarkan oleh teleskop powerful dari Bumi, seperti Aperture Spherical Radio Telescope di China.

Anders Sandberg selaku periset senior di Oxford's Future of Humanity Institute (FHI) menilai aksi itu berisiko. Meski memang peluang pesan itu sampai di tangan alien kecil, jika sampai kejadian maka dampaknya bisa amat besar.

Bahaya serangan alien menurutnya kurang disikapi dengan serius. "Banyak orang menolak untuk menganggapnya serius yang adalah memalukan karena ini adalah sesuatu yang penting," kata dia.

Toby Ord, kolega Anders di Oxford, dalam bukunya The Precipice juga menyinggung hal yang sama. Pertanyaan yang utama adalah seberapa banyak rasio peradaban alien yang damai dan yang jahat.

"Kita hanya punya sedikit bukti soal apakah itu rendah atau tinggi dan tidak ada konsensus ilmiah. Karena negatifnya bisa jauh lebih besar dari positifnya, sepertinya tidak baik untuk aktif menghubungi (mereka)" tulisnya.

Memang sejauh ini belum ada bukti apakah alien benar-benar ada. Namun tidak bisa pula dibuktikan dengan meyakinkan bahwa mereka tidak ada di alam semesta ini.



Simak Video "Penampakan Bumi yang Terekam Kamera Roket Artemis 1 NASA"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT