Ini Fosil Dinosaurus yang Mati Saat Asteroid Hantam Bumi

Ini Fosil Dinosaurus yang Mati Saat Asteroid Hantam Bumi

ADVERTISEMENT

Ini Fosil Dinosaurus yang Mati Saat Asteroid Hantam Bumi

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 08 Apr 2022 18:12 WIB
Fosil kaki dinosaurus
Fosil kaki dinosaurus. Foto: BBC
Jakarta -

Fosil dinosaurus yang satu ini benar-benar super langka. Betapa tidak, kemungkinan dinosaurus ini mati pada waktu asteroid menerjang Bumi jutaan tahun silam dan menyebabkan kepunahan spesies ini.

Seperti dikutip detikINET dari Standard, Jumat (8/4/2022) fosil itu berupa kaki Thescelosaurus. Penemuan ini dipandang luar biasa karena cukup sempurna dan kematiannya, seperti disebutkan, tepat pada saat asteroid menabrak Bumi.

Pasalnya, sangat sedikit fosil dinosaurus yang ditemukan di bebatuan, merekam waktu kejadian bencana itu. Ilmuwan menemukannya di situs fosil Tanis di Dakota Utara, sekitar 3.000 kilometer dari kawah bekas tumbukan asteroid di Teluk Meksiko.

Fosil itu bercampur dengan tanaman yang tampaknya tersapu gelombang yang dipicu oleh getaran hebat Bumi akibat tumbukan asteroid yang diperkirakan panjangnya 10 kilometer. Peristiwa pada sekitar 66 juta tahun itu menyebabkan dinosaurus dan banyak makhluk lain punah.

Bahkan ditemukan pula fragmen di dekat fosil itu, yang kemungkinan berasal dari asteroid bersangkutan. Ilmuwan pun tidak dapat menutupi rasa sukacitanya telah menemukan fosil dinosaurus ini.

"Kami mendapatkan banyak detail di situs ini yang memberitahu kita apa yang terjadi momen demi momen pada saat itu," kata Robert De Palma dari University of Manchester yang memimpin penelitian ini.

"Ini seperti melihatnya dimainkan di dalam film. Anda melihat bebatuannya, ada fosil di sana, dan hal itu membawa Anda kembali ke hari itu," tambah dia.

"Sepertinya dinosaurus ini kakinya terputus dengan begitu cepat. Tidak ada bukti bahwa kaki itu kena penyakit, tidak ada penyakit yang kelihatan, tidak ada jejak dimangsa seperti gigitan. Jadi gagasan terbaik adalah binatang ini mati secara instan," sebut peneliti lainnya.

Namun ada yang masih skeptis dengan penemuan ini dan diperlukan riset lebih lanjut. Bukti-buktinya pun perlu ditunjukkan secara menyeluruh agar ada konsensus bahwa benar dinosaurus ini mati pada saat tabrakan asteroid itu.



Simak Video "Kerangka Dinosaurus Kecil Dijual, Tingginya 1,3 Meter"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT