CIA Ungkap Soviet Diduga Pernah Bikin Teknologi Telepati

ADVERTISEMENT

CIA Ungkap Soviet Diduga Pernah Bikin Teknologi Telepati

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 30 Mar 2022 17:23 WIB
keindahan rusia
(Foto: Meliyanti/detikcom)
Jakarta -

Uni Soviet disebut oleh CIA (Central Intelligence Agency) pernah memiliki misi untuk mengembangkan telepati. Ada tiga dokumen CIA dengan rentang tahun 1963-1964 yang akhirnya dipublikasikan oleh Government Attic, sebuah situs web transparansi yang menerbitkan dokumen-dokumen pemerintah yang tidak diklasifikasikan.

Dokumen paling menarik menunjukkan percakapan antara agen CIA dan Profesor DA Kerimov dari Leningrad University tentang 'penelitian sibernetika' Uni Soviet dan 'persepsi ekstra-indera'. Mereka berbincang sembari minum santai dan mendiskusikan terobosan terbaru dalam teknologi pengendalian pikiran Soviet.

Melansir IFL Science, Rabu (30/3/2022) Profesor Kerimov menjelaskan bahwa dia telah mendengar para ilmuwan di Kyiv sedang mengerjakan sebuah proyek yang berhasil menyadap aktivitas otak seorang musisi terampil saat mereka bermain piano. Aktivitas otak ini, entah bagaimana, kemudian dapat direkam dan dimainkan kembali ke seorang non-musisi. Cara ini memungkinkan orang tersebut memainkan piano dengan penguasaan yang sempurna.

Anehnya, ilmuwan Soviet menolak untuk menjelaskan secara rinci tentang penelitian ini dan agen CIA mencatat bahwa beberapa dari cerita ini cukup meragukan. Meski begitu, Profesor Kerimov mengatakan mereka memiliki bukti bahwa beberapa orang mampu mengambil gelombang otak dari orang lain dan bahkan menggunakan kemampuan ini untuk memprediksi peristiwa acak di masa depan.

Kerimov mengakui bahwa ide-ide ini tidak dianggap terlalu serius di masa lalu, tetapi mereka perlahan-lahan memiliki ketertarikan soal ini.

Terakhir, agen CIA menyelesaikan laporan dengan mencatat bahwa tidak banyak bukti kuat. Ia mencatat bahwa eksplorasi Uni Soviet ke dalam persepsi ekstra-indera tampaknya tidak menjadi ancaman keamanan nasional.

"Ketika saya bertanya kepadanya perkembangan nyata apa yang telah terjadi sebagai akibat dari sibernetika, dia tidak benar-benar siap untuk memberikan contoh," tulis agen itu.

"Saya akan mengatakan bahwa tidak ada satu poin pun, kecuali cerita yang cukup meragukan tentang penyadapan," tandasnya.



Simak Video "Mikhail Gorbachev, Tokoh Perubahan Dibenci Rusia-Dipuji Barat"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT