Alien Enggan Datangi Bumi Karena Takut Manusia?

ADVERTISEMENT

Alien Enggan Datangi Bumi Karena Takut Manusia?

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 09 Mar 2022 06:45 WIB
alien
Ilustrasi alien. Foto: istimewa
Jakarta -

Dalam berbagai film fiksi sains, digambarkan alien biasanya datang untuk menyerang atau memperbudak manusia. Akan tetapi akademisi ini berpendapat lain, bisa jadi hal itu adalah kebalikannya, alien yang takut dengan manusia. Kenapa demikian?

Dr Gordon Gallup, pakar biologi dari University of Albany, mengemukakan argumen bahwa manusia itu berbahaya, kasar dan sering terlibat perang berdarah. Alasan ini yang mungkin membuat alien enggan mendatangi Bumi meskipun mereka punya teknologinya. Mereka tak ingin menjadi korban.

"Jika alien itu ada, mereka mungkin sudah menemukan kita sekarang dan mengetahui bahwa manusia itu berbahaya, kasar dan terus mengembangkan senjata pemusnah massal agar lebih ganas lagi," tulisnya di Journal of Astrobiology.

"Juga jelas bahwa dengan meningkatnya polusi, pengrusakan habitat, dipadukan dengan perang tiada henti, penjarahan, kematian, dan keinginan untuk menaklukkan, maka manusia membawa risiko tak tertandingi tak hanya untuk kehidupan lain di Bumi akan tetapi juga dari planet lain," tambah dia.

Memang dalam sejarah dunia, banyak terjadi penaklukan dan pembunuhan massal oleh manusia. Peradaban Aztec dan Inca misalnya, lenyap karena hal itu.

"Jika manusia di Bumi menyadari ada peradaban maju dan sumber daya menarik di dunia lain, mungkin saja bukan bahwa populasi alien itu pada akhirnya menderita seperti para penduduk asli Meksiko dan Peru?" demikian argumennya.

Maka ia berteori bahwa alien pun jadi pikir-pikir untuk mendatangi Bumi jika menyaksikan sifat manusia seperti itu. Terlebih lagi, manusia adalah makhluk unik yang berpotensi akan membuat spesies mereka punah karena ulah mereka sendiri.

"Terindikasi bahwa untuk pertama kalinya dalam sejarah Bumi, kita sedang menuju pada kepunahan massal yang muncul sebagai akibat aksi spesies tunggal, yaitu manusia," cetusnya, seperti dikutip detikINET dari Daily Mail.



Simak Video "Ilmuwan Sebut Alien Bisa Nebeng di Pesawat Antariksa"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT