Global Cyber University, Tempat Jungkook BTS Bukan Kampus Sembarangan

Global Cyber University, Tempat Jungkook BTS Bukan Kampus Sembarangan

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Jumat, 04 Mar 2022 11:19 WIB
Jungkook BTS
Global Cyber University, Tempat Jungkook BTS Bukan Kampus Sembarangan (Foto: Twitter @bts_bighit)
Jakarta -

Para ARMY, fans BTS lagi gembira karena Jungkook BTS lulus dari Global Cyber University. Ternyata ini adalah kampus berbasis digital dan teknologi.

Jungkook kuliah di Departemen Penyiaran dan Hiburan di Global Cyber University. Kampus apa sih ini sebenarnya? Kenapa ada kata 'Cyber' di universitas ini?

Dihimpun detikINET dari situs resminya, Jumat (4/3/2022) Global Cyber University (GCU) punya dua kampus yaitu di Gangnam, Seoul dan di Dongnam, Cheonan. Misi utama kampus ini adalah mengenalkan Hallyu culture (K-Culture) atau budaya Korea ke seluruh dunia.

6 Dari 7 personel BTS pernah dan masih kuliah di sini. RM, Suga, J-Hope adalah alumninya, Jungkook baru lulus, Jimin dan V masih kuliah di GCU. GCU pun dijuluki kampus BTS oleh para fans K-Pop.

GCU rupanya adalah kampus yang berbasis teknologi dan sains. Mereka menerapkan pendidikan berbasis internet dan digital, itu sebabnya ada kata Cyber di kampus mereka. Internet dan teknologi digital mengubah cara belajar di universitas dari sisi akses, kurikulum dan jadwal kuliah.

GCU menawarkan kemudahan belajar online dan keuntungan dan pendidikan cyber untuk mahasiswanya. GCU memungkinkan mahasiswa belajar tanpa kontak fisik dengan dosen dan mahasiswa lain yang mungkin ada di luar negeri.

Meski begitu dengan nilai pedagogi Hongik khas Korea yaitu hidup dan kerja yang menguntungkan semua orang, GCU menerapkan pembelajaran kolaboratif sehingga mahasiswa tetap dekat seperti kuliah konvensional.

Dari sisi sains, GCU menerapkan Brain Education sebagai teknologi damai. GCU mengatakan negara maju mempelajari otak sebagai tapal batas ilmu pengetahuan. Dari situ berkembang aneka ilmu dari ilmu pengetahuan kongnitif sampai psikologi.

Brain Education ini dipadu nilai filosofi luhur Korea yaitu harmoni dengan alam, tubuh, pikiran dan kesadaran manusia. Di GCU, mahasiswa dipandu untuk mengevaluasi dan memperbarui informasi di otak mereka seperti kepercayaan dan prakonsepsi untuk berhadapan dengan lingkungan alam dan sosial secara efektif dan proaktif.

Hmmm, tertarik kuliah di kampusnya BTS? Siap-siap duitnya ya. Uang masuknya 99.000 Won (Rp 1,176 juta) dan uang kuliah tiap semester adalah 1.260.000 Won (Rp 15 juta).

@detikinet Wah ARMY pasti seneng banget nih! #bts #btsarmy #btsfreefire #btsxfreefire #freefire #garenafreefire#btsxarmy #detikinet #btsforever ♬ original sound - detikINET


Simak Video "Jungkook BTS Positif Covid-19 Saat di Las Vegas"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)