Jenis VPS Hosting dan Keunggulannya

Jenis VPS Hosting dan Keunggulannya

Sponsored - detikInet
Jumat, 18 Feb 2022 00:51 WIB
adv
Jakarta -

Agar website yang dibuat memiliki kinerja yang maksimal, terutama website yang digunakan untuk menunjang keperluan bisnis, maka menggunakan hosting yang tepat adalah hal yang sangat penting. Sebagaimana diketahui, hosting adalah komponen website yang sangat penting di mana akan menjadi tempat untuk menyimpan beragam data yang digunakan dalam website.

Nah, berbincang tentang hosting yang tepat untuk menunjang website yang Anda kelola, Anda bisa mempertimbangkan VPS hosting sebagai pilihan. Bisa dikatakan bahwa saat ini VPS menjadi salah satu jenis hosting yang sangat populer karena dianggap memiliki kinerja yang cukup stabil.

Pada kesempatan ini akan dibahas beberapa hal tentang VPS murah Indonesia, termasuk jenis hosting yang tersedia dan juga keunggulannya. Penasaran? Simak ulasannya!

Sekilas Tentang VPS

Sebelum menggunakan VPS sebagai pilihan hosting, ada baiknya jika Anda mengetahui apa yang sebenarnya dimaksud dengan VPS tersebut. Secara singkat, VPS atau Virtual Private Server adalah server virtual yang memiliki sumber atau resource sendiri serta hanya digunakan oleh satu pelanggan saja.

Server ini disebut virtual karena VPS menggunakan teknologi virtualization yang digunakan untuk membagi satu server fisik menjadi beberapa sistem virtual. Pembagian yang dilakukan akan memungkinkan adanya beberapa VPS dalam satu server fisik yang sama.

Oleh karenanya, bisa disimpulkan jika VPS bukan merupakan server pribadi dengan satu server fisik yang digunakan. Jenis server ini masih berada dalam satu server bersama dengan VPS lainnya. Hanya saja, resource server bisa diatur secara mandiri tanpa adanya pengaruh dari pelanggan VPS lainnya.

Ragam Jenis VPS

VPS hadir dengan beberapa variasi yang berbeda. Adapun variasi tersebut dibedakan dari detail pengaturan serta pengelolaannya. Nah, beberapa ragam jenis VPS yang tersedia dan bisa dijadikan pilihan diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Managed VPS

Managed VPS merupakan sebuah layanan hosting murah yang disediakan lengkap dengan tim profesional. Tim ini nantinya akan mengurus beragam keperluan yang berkaitan dengan pengelolaan server yang Anda gunakan.

Perlu diketahui bahwa tim ini akan bekerja dan memantau selama 24 jam. Selain itu, mereka juga akan melakukan backup secara berkala, memperbarui sistem operasi serta mengelola keamanan server.

2. Unmanaged VPS

Variasi lain dari VPS adalah unmanaged VPS. Jenis VPS ini adalah kebalikan dari jenis VPS yang pertama tadi. Seperti namanya, unmanaged VPS merupakan jenis VPS yang mengharuskan penyewa nantinya melakukan pengelolaan pada server virtual yang ia gunakan secara mandiri.

Terkait jenis VPS ini, penyedia layanan hanya bertanggung jawab guna menyediakan server fisik dan juga koneksi jaringan. Namun, tentu, penyedia layanan tetap akan memberikan bantuan ketika diperlukan.

Nah, kedua hal di atas adalah jenis VPS yang tersedia dan bisa menjadi pilihan Anda. Tentu saja, Anda bisa membandingkan jenis VPS tersebut sebelum memilihnya. Jika Anda ingin menggunakan VPS yang cenderung simple dengan pengelolaan yang profesional, maka managed VPS adalah pilihan yang tepat.

Ragam Kelebihan VPS

Sebagaimana disinggung di awal bahwa VPS memiliki beberapa kelebihan, di mana kelebihan tersebut menjadikan VPS sebagai salah satu jenis hosting yang paling banyak digunakan saat ini. Lantas, apa saja kelebihan dari VPS tersebut?

Adapun beberapa kelebihan dari VPS diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Resource yang lebih baik

Salah satu kelebihan dari VPS adalah Anda akan mendapatkan resource yang lebih baik. Beberapa detail, seperti RAM, CPU, bandwidth dan lainnya bisa Anda gunakan secara maksimal. Tentu saja, beberapa resource tersebut tidak akan tercampur dengan pengguna lain sehingga performa situs nantinya akan semakin maksimal.

2. Performa yang lebih baik

Kelebihan lain dari VPS adalah performa yang lebih baik. Hal ini dikarenakan semua sumber daya yang ada akan digunakan sendiri.

Selain itu, dengan penggunaan semua sumber sendiri, maka kemungkinan terjadinya downtime akan cenderung lebih kecil. Hal ini dikarenakan server yang Anda gunakan tidak akan terpengaruh oleh pengguna lain.

3. Privasi yang lebih terjamin

Masalah privasi juga menjadi salah satu pertimbangan ketika seseorang hendak memilih layanan hosting. Hal ini berkaitan dengan kerahasiaan data yang mereka miliki.

Dalam hal ini, VPS akan memberikan privasi yang cenderung lebih aman. Pasalnya, dengan menggunakan jenis hosting yang satu ini, Anda bisa menyimpan file dari website yang Anda kelola di dalam database tersendiri.

Tentu saja, pengguna lain tidak bisa mengakses data yang Anda simpan meskipun mereka berada pada satu server fisik. Selain itu, VPS juga memiliki sistem backup yang mumpuni. Dengan fitur ini, maka jika terjadi kesalahan ataupun gangguan, file Anda tetap akan terjamin keamanannya dan bisa dipulihkan dengan segera.

Nah, beberapa hal di atas adalah apa yang menjadi kelebihan dari VPS. Berbekal sejumlah kelebihannya yang dimiliki, VPS tentu bisa menjadi pilihan hosting yang tepat untuk website yang Anda kelola!

(Tagsite/vps)