Pulau Atlantis Benar Ada atau Cuma Khayalan Plato?

Pulau Atlantis Benar Ada atau Cuma Khayalan Plato?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 17 Feb 2022 21:30 WIB
atlantis
Ilustrasi Atlantis. Foto: Istimewa
Jakarta -

Misteri di dunia ini ada begitu banyak, sehingga ada beberapa hal yang masih menjadi perdebatan dan tak kunjung menemukan kesepakatan. Salah satunya adalah soal Atlantis.

Atlantis dipercaya sebagai peradaban yang maju dan memiliki teknologi canggih pada suatu masa. Tetapi, kejayaan dari Atlantis dengan cepat hilang, terkubur bersama dengan pulau mereka yang tenggelam di bawah laut. Atlantis disebut pertama kali oleh filsuf Plato dalam buku Timaeus dan Critias.

Ada berbagai versi keberadaan Atlantis itu sendiri. Seperti Jalan Bimini di Bahama, Spartel, Helike, Antarktika sampai Antlantis ada di Indonesia. Sejumlah peneliti dan ilmuwan memberikan pendapat mereka tentang keberadaan Atlantis dengan pendekatan disiplin ilmu yang berbeda-beda.

Yang terkenal ialah ilmuwan asal Brasil, Arysio Nunes dos Santos. Dalam bukunya 'Atlantis, The Lost Continent Finally Found, The Definitifve Localization of Plato's Lost Civilization' , ia membandingkan beberapa negara dengan ciri-ciri Benua Atlantis, mulai dari luas wilayah, cuaca, kekayaan alam, gunung berapi hingga cara bercocok tanam. Tak tanggung-tanggung, penelitiannya untuk buku tersebut menghabiskan waktu 30 tahun.

Santos akhirnya menyimpulkan jika Indonesia adalah Benua Atlantis. Ia pun menunjukkan Pulau Natuna, Kepulauan Riau sebagai kota yang misterius itu. Akan tetapi, banyak peneliti yang belum setuju akan hal ini.

Kendati demikian, ilmuwan lebih banyak yang sepakat bahwa benua yang tenggelam di Indonesia namanya Sundaland. Benua yang tenggelam ini adalah wilayah laut dangkal antara Sumatera dan Kalimantan. Namun, belum ada bukti peradaban apapun ditemukan di dasar lautan.

Lebih lanjut, situs pembasmi hoax pun memberikan pendapatnya. Menurut Turn Back Hoax, Atlantis lebih mengarah pada karangan dari Plato sebagai bahan pembelajaran.

"Atlantis sebenarnya adalah kota imajiner, tidak nyata. Yang dikarang oleh Plato, sebagai bahan diskusi intelektual dengan Socrates. Ini dinyatakan dengan jelas di buku yang membahas Atlantis tersebut, Timaeus, bahwa Atlantis adalah kota imajinasi. Tidak nyata dan tidak ada," tulis Turn Back Hoax.

Kalau menurutmu, bagaimana detikers? Apakah Atlantis benar ada atau hanya khayalan dari Plato?



Simak Video "Respons Ancol soal Keruhnya Kolam Renang Atlantis"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)