Bumi Ternyata Dibuntuti Asteroid Jumbo, Apakah Berbahaya?

Bumi Ternyata Dibuntuti Asteroid Jumbo, Apakah Berbahaya?

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 03 Feb 2022 07:44 WIB
jaxa jepang asteroid rover
Ilustrasi asteroid. Foto: Twitter/haya2e_jaxa
Jakarta -

Ilmuwan memastikan ada sebuah asteroid 'troya' berukuran jumbo yang tengah membuntuti Bumi. Apakah batu antariksa itu dapat membahayakan planet ini?

Seperti dikutip detikINET dari New York Post, ilmuwan menamakan asteroid itu sebagai 2020 XL5 dan ia terpantau mengikuti orbit Bumi. Sepanjang sejarah, ini baru kedua kalinya tercatat ada asteroid yang berada di orbit Bumi.

Asteroid ini cukup besar, diperkirakan lebarnya sampai sekitar 1 kilometer. Beruntung, ilmuwan memastikan bahwa asteroid ini tidak berbahaya atau berpotensi menabrak Bumi pada saat ini atau pun di masa depan. Ia hanya membuntuti planet ini dan tidak menghadirkan ancaman.

Dijuluki sebagai asteroid 'troya' dari kisah Perang Troya lantaran batu angkasa semacam ini dikenal berbagi orbit yang sama dengan suatu planet dan pertama kali ditemukan di sekitar planet Jupiter.

Asteroid 2020 XL5 pertama kali terlacak pada Desember 2020 silam dan saat itu statusnya dimasukkan dalam kandidat baru asteroid troya. Setelah diteliti lebih lanjut, ilmuwan memastikan hal itu benar adanya.

"Di sini kami dapat memberi konfirmasi bahwa 2020 XL5 yang ditemukan baru-baru ini adalah asteroid troya kedua yang diketahui membuntuti Bumi," tulis para penelitinya dalam publikasi riset di jurnal Nature Communications.

Mereka menyebut bahwa tidak menutup kemungkinan manusia bisa mengunjungi asteroid 2020 XL5 pada suatu hari nanti, bahkan membangun basis tempat tinggal di sana untuk melakukan misi tertentu.

"Obyek asteroid tersebut mungkin saja dapat menjadi target ideal untuk misi-misi luar angkasa dan, dalam masa depan yang masih jauh, untuk dibangun basis manusia atau memasang perangkat sains," sebut para peneliti itu.



Simak Video "Ada Asteroid Meluncur ke Arah Bumi pada 27 Mei 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/rns)