Habis Vaksin Boleh Minum Kopi?

Habis Vaksin Boleh Minum Kopi?

Tim - detikInet
Rabu, 19 Jan 2022 18:12 WIB
5 Waktu Terbaik Minum Kopi, Jangan Langsung Ngopi Saat Bangun Tidur
Habis Vaksin Boleh Minum Kopi? Foto: Getty Images/iStockphoto/AntonioGuillem
Jakarta -

Habis vaksin boleh minum kopi? Beberapa orang yang akan atau sudah divaksin mungkin terpikir menanyakan hal ini. Supaya aman, simak jawabannya menurut ahli.

Mengutip laman Halodoc yang ditinjau oleh dr. Fadhli Rizal Makarim, minum kopi setelah vaksin COVID-19 aman dilakukan. Kopi adalah minuman yang kerap dikonsumsi di pagi hari untuk menjaga konsentrasi agar aktivitas lancar. Selain itu, kopi juga kaya akan nutrisi yang penting untuk tubuh, seperti zat antioksidan untuk menjaga imunitas tubuh.

Tentu hal ini sangat baik untuk seseorang yang baru saja mendapatkan vaksin agar pertahanan tubuh kuat untuk mengatasi virus yang dilemahkan yang masuk ke tubuh.

Namun, pastikan untuk memperhatikan jam saat minum kopi setelah vaksinasi. Untuk diketahui, setiap orang pasca vaksinasi COVID-19 perlu mendapatkan istirahat yang cukup untuk membantu sistem kekebalan tubuh bekerja dengan maksimal.

Hal ini juga dapat dibantu dengan minum kopi. Tapi jika kalian minum kopi di malam hari sebelum jam tidur, istirahat akan menjadi terganggu sehingga kualitas tidur juga menurun yang akhirnya sistem imunitas yang dihasilkan tidak maksimal.

Selain menghindari konsumsi kopi sebelum tidur, ada beberapa makanan yang perlu dihindari agar tidur tidak terganggu, yaitu mengonsumsi terlalu banyak lemak jenuh dan gula.

Karenanya, ada baiknya untuk mengonsumsi makanan yang sehat, konsumsi kopi di pagi dan sore hari, hingga tidur yang cukup dapat membuat kamu terhindar dari efek samping vaksin. Sistem imunitas tubuh yang tetap maksimal sangat penting untuk menjaga diri dari infeksi yang disebabkan oleh virus Corona.

Perlu diketahui juga, faktanya efektivitas vaksin tidak terpengaruh oleh sesuatu yang kita konsumsi. Jika badan sehat dan fit, setiap orang boleh mengonsumsi makanan atau minuman apa pun. Sejauh ini memang belum ada penelitian yang menghubungkan antara dampak dari minum kopi setelah vaksin COVID-19 dengan efek sampingnya yang mungkin terjadi.

Organisasi Kesehatan Dunia WHO pun, melalui situs resminya, telah menjelaskan bahwa tidak ada makanan atau minuman tertentu yang dilarang setelah vaksinasi, dalam hal ini terutama vaksin COVID-19. WHO menegaskan hal ini, karena kinerja vaksin tidak akan terpengaruh oleh asupan makanan atau minuman.



Simak Video "Pentingnya Riset Vaksin untuk Produsen"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)